Begini Cara Budidaya Ikan Guppy Yang Sederhana Namun Penghasilan Melimpah

Cara Budidaya Ikan Guppy – Ikan guppy merupakan salah satu ikan hias yang paling banyak  di cari oleh kalangan pencinta ikan. Hal ini dikarenakan ikan guppy yang sangatlah unik, dengan berbagai motif yang beragam. Bahkan ikan guppy pun memiliki perpaduan warna yang sangat menarik. Tentunya karena keistimewaan  dari ikan yang satu ini, membuat harga dari ikan guppy relatif tinggi.

Nah, karena itulah saat ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk  melakukan budidaya ikan guppy. Bagaimana, mungkin salah satu dari Anda, saat ini juga ingin membudidayakan ikan guppy bukan? Jika Anda penasaran akan cara budidaya ikan guppy untuk pemula yang satu ini, yuk simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini!

Cara Budidaya Ikan Guppy Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Guppy yang benar

Di bawah  ini kami akan mengulas informasi seputar cara budidaya ikan guppy yang benar yang bisa Anda coba. Adapun beberapa cara budidaya ikan guppynya sebagai berikut ini:

Menyiapkan Peralatan Untuk Membudidayakan

Cara Budidaya Ikan Guppy yang benar

Salah satu cara budidaya ikan guppy di aquarium yang pertama adalah menyiapkan beberapa peralatan sebelum berbudidaya ikan guppy. Sebenarnya untuk hal yang satu ini sama persis dengan menyiapkan kolam untuk berbudidaya. Namun, karena  ikan guppy berukuran kecil layaknya ikan cupang Anda bisa memakai sebuah wadah, aquarium maupun bak dalam melakukan usaha budidaya ikan hias yang satu ini.

Selain Anda membutuhkan beberapa tempat untuk menampung ikan. Anda juga memerlukan sebuah ruangan.  Ruangan berfungsi untuk memisahkan tempat perkawinan, tempat pembenihan hingga tempat pembesaran ikan. Perlunya terdapat sebuah ruangan agar Anda tak ribet memfilter maupun memantau setiap ikannya.

Melakukan Pemilihan Indukan Maupun Bibit Ikan Guppy

Cara Budidaya Ikan Guppy bAGI pemula

Cara budidaya ikan guppy yang tepat selanjutnya adalah pemilihan indukan yang tepat. Dalam hal ini memang sangatlah penting agar Anda mendapatkan kualitas yang baik untuk ikan guppynya. Terdapat beberapa kriteria agar Anda tak salah memilih indukan ikan guppy. Berikut ini beberapa kriterianya :

  • Dengan memperhatikan ciri-ciri fisik dari indukan ikan guppynya. Pastikan ikan guppy memiliki fisik yang baik tidak mengalami cacat dan tidak berpenyakit.
  • Pastikan warna untuk dari masing-masing indukannya tidak kusam dan bentuk lebih .
  • Pastikan juga  ikan guppy baik jantan maupun betina memiliki tubuh yang lebih langsing.
  • Karena ikan guppy memiliki ekor yang sangat indah. Anda bisa memilih indukan ikan guppy dengan ekor yang sangat panjang.
  • Indukan ikan guppy harus tepat pada umur produkitivitas yang cukup.
  • Pastikan untuk indukan betina memiliki tubuh  yang besar jika di bandingkan dengan indukan jantannya.

Selain  cara budidaya ikan guppy di kolam dapat mengenal  kriteria yang  tetap agar tak salah pilih. Anda pun juga harus mengetahui atau membedakan ikan guppy jantan dana betina. Perbedaan dari ikan guppy  betina dan jantan sangatlah mudah. Adapun beberapa ciri fisik yang membedakannya sebagai berikut ini:

  • Untuk ikan guppy betina biasanya memiliki bentuk lebihi bulat. Serta untuk warna cenderung lebih kalem dan tidak memiliki sirip yang menjuntai.
  • Namun untuk ikan guppy yang jantan memiliki bentuk lebih ramping. Sedangkan untuk warnanya sendiri cenderung lebih bercahaya dengan sirip yang menjuntai indah.

Melakukan Pemisahan Pada Indukan

Cara Budidaya Ikan Guppy terbaik

Langkah selanjutnya dalam cara budidaya ikan guppy hias adalah melakukan pemisahan. Sebelum melakukan perkawinan Anda harus menyortir terlebih dahulu antara indukan jantan dan betina. Taruhlah ikan di wadah yang terpisah. Isilah wadah yang disiapkan dengan air bersih sepertiganya saja. Setelah melakukan pernyortiran yang satu ini, Anda bisa memberikan pakan yang bernutrisi tinggi. Seperti halnya pemberian pakan moina dan kutu air 2 kali dalam sehari. Hal ini dilakukan agar  mendapatkan sperma yang banyak dari indukan jantannya.

Melakukan Proses Pemijahan Dengan Benar

Cara Budidaya Ikan Guppy berkualitas

Dalam cara ternak ikan guppy di air tawar yang satu ini Anda juga harus memperhatikan proses pemijahannya  dengan benar. Sebelum proses pemijahan yang satu ini, Anda bisa kembali meneliti apakah indukan Benar-benar berkualitas. Lalu, Anda bisa menyiapkan wadah untuk pemijahan. Wadah yang digunakan bisa apa saja. Kemudian isikan air 25 cm saja dan biarkan air bersih dalam wadah  diendapkan selama 1 – 2 harian.

Langkah yang selanjutnya Anda bisa, mengisikan beberapa pasang indukan betina dan jantan. Dalam suatu wadah Anda bisa meletakkan ikan guppy betina dan jantan dengan perbandingan sekitar 2 : 1. Berikan juga tanaman air  setidaknya dapat digunakan untuk ikan melakukan perkawinannya sendiri.

Pada saat pagi hari, Anda bisa meletakkan indukan ikan guppy yang betina terlebih dahulu. Baru nantinya, Anda bisa meletakkan ikan guppy yang jantan pada saat sore hari. Setelah itu, Anda bisa membiarkannya selama beberapa hari. pada umumnya untuk cara ternak ikan guppy air asin yang satu ini, Anda bisa harus menunggu hingga 1 minggu. Baru indukan betina bisa menghasilkan telur dan Anda bisa memisahkan telurnya nanti.