Begini Cara Budidaya Ikan Guppy Yang Sederhana Namun Penghasilan Melimpah

Melakukan Pemilihan Indukan Maupun Bibit Ikan Guppy

Cara Budidaya Ikan Guppy bAGI pemula

Cara budidaya ikan guppy yang tepat selanjutnya adalah pemilihan indukan yang tepat. Dalam hal ini memang sangatlah penting agar Anda mendapatkan kualitas yang baik untuk ikan guppynya. Terdapat beberapa kriteria agar Anda tak salah memilih indukan ikan guppy. Berikut ini beberapa kriterianya :

  • Dengan memperhatikan ciri-ciri fisik dari indukan ikan guppynya. Pastikan ikan guppy memiliki fisik yang baik tidak mengalami cacat dan tidak berpenyakit.
  • Pastikan warna untuk dari masing-masing indukannya tidak kusam dan bentuk lebih .
  • Pastikan juga  ikan guppy baik jantan maupun betina memiliki tubuh yang lebih langsing.
  • Karena ikan guppy memiliki ekor yang sangat indah. Anda bisa memilih indukan ikan guppy dengan ekor yang sangat panjang.
  • Indukan ikan guppy harus tepat pada umur produkitivitas yang cukup.
  • Pastikan untuk indukan betina memiliki tubuh  yang besar jika di bandingkan dengan indukan jantannya.

Selain  cara budidaya ikan guppy di kolam dapat mengenal  kriteria yang  tetap agar tak salah pilih. Anda pun juga harus mengetahui atau membedakan ikan guppy jantan dana betina. Perbedaan dari ikan guppy  betina dan jantan sangatlah mudah. Adapun beberapa ciri fisik yang membedakannya sebagai berikut ini:

  • Untuk ikan guppy betina biasanya memiliki bentuk lebihi bulat. Serta untuk warna cenderung lebih kalem dan tidak memiliki sirip yang menjuntai.
  • Namun untuk ikan guppy yang jantan memiliki bentuk lebih ramping. Sedangkan untuk warnanya sendiri cenderung lebih bercahaya dengan sirip yang menjuntai indah.

Melakukan Pemisahan Pada Indukan

Cara Budidaya Ikan Guppy terbaik

Langkah selanjutnya dalam cara budidaya ikan guppy hias adalah melakukan pemisahan. Sebelum melakukan perkawinan Anda harus menyortir terlebih dahulu antara indukan jantan dan betina. Taruhlah ikan di wadah yang terpisah. Isilah wadah yang disiapkan dengan air bersih sepertiganya saja. Setelah melakukan pernyortiran yang satu ini, Anda bisa memberikan pakan yang bernutrisi tinggi. Seperti halnya pemberian pakan moina dan kutu air 2 kali dalam sehari. Hal ini dilakukan agar  mendapatkan sperma yang banyak dari indukan jantannya.