Cara Ternak Ayam Bagi Pemula

Cara Ternak Ayam Bagi Pemula –  Ternak ayam merupakan salah satu ternak yang saat ini banyak diminati. Apalagi saat ini ternak ayam juga semakin beragam. Dimana jenis ayam yang akan di ternakkan seperti ayam kampung, ayam petelur, ayam bangkok, hingga ayam potong. Dengan banyaknya jenis ayam tersebut. Tentunya Anda juga harus bisa mengetahui terlebih dahulu ayam apa yang akan Anda jadikan usaha.

Setelah itu, Anda juga harus mengetahui cara-cara yang tepat untuk menernak ayam dengan baik. Sehingga akan menghasilkan kualitas ayam yang sangat bagus dan terbaik. Nah, untuk itulah disini kami akan membahas lebih lanjut mengenai cara ternak ayam bagi pemula, selengkapnya simak ulasan singkat di bawah ini!

Cara Ternak Ayam Bagi Pemula

Cara Ternak Ayam Bagi Pemula

Di bawah ini ada beberapa cara ternak ayam bagi pemula  yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Mengetahui Dasar-Dasar Beternak Ayam

Cara Ternak Ayam Bagi Pemula Yang Benar

Cara ternak ayam bagi pemula yang pertama yaitu dengan mengetahui dasar-dasar beternak ayam. Cara yang pertama ini menjadi cara yang paling mendasar yang harus dimiliki oleh pengusaha yang akan menernak ayam. Hal ini dikarenakan dengan mengetahui cara ternak yang tepat tentunya akan semakin membuat usaha ternak ayam yang akan Anda lakukan akan berhasil. Untuk mengetahui dasar-dasarnya Anda bisa langsung menanyakan langsung ke beternak ayam lainnya. Atau Anda bisa mencari referensi di internet atau pun buku. Dengan begitu, tentunya akan sangat membantu Anda untuk bisa menernak ayam dengan cara-cara yang tepat dan benar. Dengan demikian, Cara ternak ayam bagi pemula ini memang sangat penting dilakukan.

Memilih Bibit Ayam Yang Terbaik

Tips Dan Panduan Cara Ternak Ayam Bagi Pemula

Cara ternak ayam bagi pemula yang selanjutnya yaitu dengan memilih bibit ayam yang terbaik. Jika Anda ingin mendapatkan ayam yang berkualitas tinggi untuk Anda jual dan ternakkan. Tentunya Anda juga harus memilih bibit yang terbaik untuk digunakan sebagai ternak ayam. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan ayam yang berkualitas bagus. Adapun ciri-ciri bibit yang terbaik ialah:

  • Memiliki badan yang tegap.
  • Tidak cacat.
  • Matanya jernih.
  • Bulunya halus dan mengkilat.
  • Berat badan sekitar 40-50 gram/ekornya. Untuk DOC jantan lebih besar dari DOC betina. Serta DOC jantan biasanya digunakan untuk ayam pedaging sedangkan DOC betina menjadi ayam petelur.

Menyiapkan Kandang

Panduan Cara Ternak Ayam Bagi Pemula

Setelah, Anda memilih bibit yang akan digunakan sebagai ternak ayam Anda. Cara ternak ayam bagi pemula yang selanjutnya yaitu menyiapkan kandang. Kandang menjadi bagian terpenting untuk memelihara atau menernak ayam. Sebab kandang menjadi tempat tinggal, tempat untuk membesarkan, berkembang biak dan juga istirahat ayam. Sehingga Anda memang harus bisa membuat kandang yang tepat dan dengan bentuk yang benar. Biasanya kandang yang digunakan yaitu berupa kandang tangga dengan diisi satu ayam setiap kandangnya.

Meskipun dengan hanya menggunakan kandang tangga. Akan tetapi, ayam yang dihasilkan juga bisa baik dan berkualitas bagus. Serta untuk kandang DOC umur 1 haro- 4 minggu ayam harus diletakkan di dalam boks yang mempunyai penghangat ruangan. Sebab jika tidak ada penghangat ruangannya dikhawatirkan akan membuat ayam mati kedinginan. Dengan demikian, Anda memang harus bisa memperhatikan cara ternak ayam bagi pemula dalam hal kandang.

Memberikan Pakan Dan Minum Dengan Teratur

Cara Ternak Ayam Bagi Pemula Agar Cepat Panen

Cara ternak ayam bagi pemula yang selanjutnya yaitu dengan memberikan pakan dan minum dengan teratur. Pemberian makan dan minum untuk ayam ternyata juga harus memperhatikan umur dari ayam tersebut. Untuk ayam yang baru saja keluar dari kandang dengan penghangat ruangan. Anda harus bisa memberikan minuman berupa satu sendok gula jawa yang dicampur dengan 200 ml air. Setelah itu, untuk pakan Anda bisa menggunakan voer atau BR murni yang dicampur dengan bahan makan apapun yang lainnya.

Kemudian, jika ayam telah berumur 4 minggu, maka Anda bisa memberikan pakan apapun misalkan seperti dedak dan bekatul dalam jumlah yang tidak banyak. Jika ayam sudah mulai beranjak berumur 6 minggu. Anda bisa menambahkan jumlah makanan untuk ayam ternak Anda. Setelah itu, Anda juga bisa mencampurkan suplemen vitamin yang akan membuat ayam Anda akan semakin berkualitas bagus. Dengan demikian, pemberian pakan dan minum sangatlah penting untuk diperhatikan. Sebab akan membuat Anda akan semakin memiliki ayam yang berkualitas baik dan tinggi.