Cara Ternak Ayam Bagi Pemula

Memilih Bibit Ayam Yang Terbaik

Tips Dan Panduan Cara Ternak Ayam Bagi Pemula

Cara ternak ayam bagi pemula yang selanjutnya yaitu dengan memilih bibit ayam yang terbaik. Jika Anda ingin mendapatkan ayam yang berkualitas tinggi untuk Anda jual dan ternakkan. Tentunya Anda juga harus memilih bibit yang terbaik untuk digunakan sebagai ternak ayam. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan ayam yang berkualitas bagus. Adapun ciri-ciri bibit yang terbaik ialah:

  • Memiliki badan yang tegap.
  • Tidak cacat.
  • Matanya jernih.
  • Bulunya halus dan mengkilat.
  • Berat badan sekitar 40-50 gram/ekornya. Untuk DOC jantan lebih besar dari DOC betina. Serta DOC jantan biasanya digunakan untuk ayam pedaging sedangkan DOC betina menjadi ayam petelur.

Menyiapkan Kandang

Panduan Cara Ternak Ayam Bagi Pemula

Setelah, Anda memilih bibit yang akan digunakan sebagai ternak ayam Anda. Cara ternak ayam bagi pemula yang selanjutnya yaitu menyiapkan kandang. Kandang menjadi bagian terpenting untuk memelihara atau menernak ayam. Sebab kandang menjadi tempat tinggal, tempat untuk membesarkan, berkembang biak dan juga istirahat ayam. Sehingga Anda memang harus bisa membuat kandang yang tepat dan dengan bentuk yang benar. Biasanya kandang yang digunakan yaitu berupa kandang tangga dengan diisi satu ayam setiap kandangnya.

Meskipun dengan hanya menggunakan kandang tangga. Akan tetapi, ayam yang dihasilkan juga bisa baik dan berkualitas bagus. Serta untuk kandang DOC umur 1 haro- 4 minggu ayam harus diletakkan di dalam boks yang mempunyai penghangat ruangan. Sebab jika tidak ada penghangat ruangannya dikhawatirkan akan membuat ayam mati kedinginan. Dengan demikian, Anda memang harus bisa memperhatikan cara ternak ayam bagi pemula dalam hal kandang.