Menu

Cara Ternak Belut Bagi Pemula

Cara Ternak Belut Bagi Pemula – Siapa yang tidak tahu dengan belut. Belut merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki bentuk menyerupai ular. Akan tetapi, bentuk ikan belut lebih kecil dari ular dan memiliki tubuh yang sangat licin. Meskipun termasuk ikan yang menyerupai ular. Ikan jenis ini termasuk ikan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. sehingga banyak diminati untuk dijadikan sebagai usaha.

Adapun, tak heran jika banyak sekali para pengusaha kecil untuk membangun usaha belut. Namun, sayangnya kebanyakan pengusaha tersebut juga tidak mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk beternak belut dengan baik meskipun telah mahar atau pun untuk pemula. Nah, untuk itulah disini kami akan membahas lebih lanjut mengenai cara ternak belut bagi pemula, selengkapnya simak ulasan singkat di bawah ini!

Cara Ternak Belut Bagi Pemula

Cara Ternak Belut Bagi Pemula

Di bawah ini ada beberapa cara ternak belut bagi pemula yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

  1. Melakukan Persiapan Kolam Belut

    Cara Ternak Belut Bagi Pemula Yang Benar

    Cara ternak belut bagi pemula yang pertama yaitu dengan melakukan persiapan kolam belut. Seperti yang telah diketahui, jika belut merupakan salah satu jenis ikan tawar. Sehingga tentunya Anda harus bisa memilih tempat belut akan diternakk. Akan tetapi, untuk pemula sangat disarankan untuk menggunakan dengan menggunakan drum saja. Sebab dengan menggunakan drum masih tergolong sangat mudah dan bisa di pantau dengan sangat mudah. Selain itu, caranya juga sangat mudah yaitu dengan hanya menyiapkan drum yang anti karat dan Anda menyiapkan beberapa bahan untuk dijadikan media. Dengan begitu, Anda  bisa menjadikan sebagai cara ternak belut bagi pemula.

  2. Memilih Bibit Belut Yang Baik

    Cara Ternak Belut Bagi Pemula dengan Tepat

    Memilih bibit beluk yang baik juga bisa Anda lakukan sebagai salah satu cara ternak belut bagi pemula. Hal ini dikarenakan jika bibit belut yang akan diternak tidak bagus. Tentunya akan berakibat ketika masa panen dan menghasilkan belut yang berkualitas buruk. Untuk itulah Anda juga harus memperhatikan beberapa langkah untuk melakukan pemilihan bibit unggul yaitu bibit belut harus berumur sekitar 2-3 bulan, tidak terserang penyakit, memiliki gerakan yang lincah dan memiliki ukuran yang sama. Dengan memperhatikan beberapa pertimbangan tersebut tentunya akan mendapatkan belut yang berkualitas bagus. Sehingga dengan demikian, memilih bibit belut dengan baik bisa dijadikan sebagai cara ternak belut bagi pemula dengan benar. Hal ini bisa dikatakan hampir sama dengan cara ternak lele bagi pemula

  3. Memasukkan Belut Dengan Benar Di Kolam

    Cara Ternak Belut Bagi Pemula dengan Modal Minim

    Setelah Anda melakukan pemilihan bibit belut yang bagus dengan berbagai ciri-ciri tersebut. Anda juga harus bisa menempatkan dan memasukkan belut dengan benar di kolam untuk cara ternak belut bagi pemula. Atau dengan kata lain, untuk menaruh belut betina dan juga belut jantan juga harus bisa melakukan beberapa langkah yang harus dilakukan. Adapun langkah tersebut ialah untuk penebaran bibit harus dengan memperbanyak belut betina daripada belut jantan. Misalkan pada kolam sebesar 1 meter maka betina 2 ekor dan 1 ekor jantan. Dengan mempertimbangkan beberapa langkah penyebaran tersebut. tentunya Anda akan mendapatkan belut yang bagus.

  4. Memperhatikan Media Untuk Pembesaran Belut

    Cara Ternak Belut Bagi Pemula Tanpa Modal

    Bagi Anda mungkin sering mendengar bahwa belut menjadi salah satu hewan yang banyak dijumpai di sawah dan tanah yang berlumpur. Akan tetapi, saat ini di sawah pun jarang sekali bisa mendapatkan belut. Sehingga banyak sekali pengusaha yang berusaha untuk beternak belut. Akan tetapi, untuk beternak belut Anda juga harus bisa memperhatikan media untuk pembesaran belut. Maka cara ternak belut bagi pemula yang Anda lakukan akan sangat bagus. Untuk media yang bisa Anda gunakan yaitu seperti lumpur sawah, kompos, humus, pelepah pisang, jerami, dan juga jenis tanaman air. dengan menggunakan beberapa media tersebut tentunya akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan belut yang bagus.

  5. Pengaturan Air Di Kolam Atau Di Drum

    Cara Ternak Belut Bagi Pemula Agar Cepat Panen

    Cara ternak belut bagi pemula yang selanjutnya yaitu dengan mengatur air di kolam atau di drum. Melakukan pengaturan di  kolam ini bertujuan untuk belut bisa memiliki cukup ruang untuk melakukan pergerakan. Apalagi belut termasuk hewan yang bergerak aktif. Sehingga Anda harus bisa mengatur sirkulasi air yaitu tidak boleh lebih dan juga kurang. Dengan demikian, cara ternak belut bagi pemula yang Anda lakukan juga akan berhasil.

  6. Memberikan Pakan Dengan Teratur

    Cara Ternak Belut Bagi Pemula Secara Praktis

    Memberikan pakan dengan teratur menjadi salah satu cara ternak belut bagi pemula. Hal ini dikarenakan dengan memberikan pakan yang tepat maka Anda akan mendapatkan belut yang tentunya berkualitas baik. Untuk itulah, pakan yang bisa Anda gunakan yaitu seperti bekicot, limbah ikan, sisa cincangan ayam, dan pelet. Dengan berbagai pakan tersebut, tentunya akan mendapatkan hasil ternak yang sangat bagus. Serta untuk pemberian pakan harus dilakukan 1 sampai 2 kali dalam sehari.

  7. Memperhatikan Hama Atau Penyakit Belut

    Cara Ternak Belut Bagi Pemula Cepat Panen

    cara ternak belut bagi pemula yang selanjutnya yaitu dengan memperhatikan hama atau penyakit belut. Meskipun, pada awalnya Anda menyebarkan bibit yang terbaik dan tanpa penyakit. Tentunya saat Anda akan proses pemeliharaan dan juga proses pemanenan. Maka Anda akan menemui belut yang memiliki hama dan penyakit. Sehingga Anda saat melakukan pemeliharaan harus bisa memperhatikan belut apakah terkena hama atau tidak. Biasanya hama yang sering menyerang yaitu hama seperti ular, berang, berang dan juga tikus sawah. Beberapa jenis hama tersebut, ternyata bisa mempengaruhi hasil pemanenan belut yang akan dilakukan.

  8. Menjaga Kebersihan Kolam Atau Drum

    Cara Ternak Belut Bagi Pemula dengan Cepat

    Menjaga kebersihan kolam atau drum memang menjadi prioritas yang utama untuk dijadikan sebagai salah satu cara ternak belut bagi pemula. Sebab dengan menjaga kebersihan kolam tentunya akan membuat belut juga akan memiliki kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Sehingga tak heran jika, dengan melakukan pembersihan kolam juga sangat penting untuk dilakukan. Serta, Anda juga harus bisa menjauhkan beberapa macam binatang yang bisa mengotori kolam atau menjatuhkan drum. Dengan demikian, Anda akan sangat menjaga kebersihan kolam atau drum Anda dengan baik.

  9. Pemanenan Belut Dengan Benar

    Cara Ternak Belut Bagi Pemula Dan Tips Cepat Panen

    Cara ternak belut bagi pemula yang terakhir yaitu pemanenan belut dengan benar. Setelah Anda melakukan beberapa langkah dan cara ternak belut bagi pemula seperti diatas, tentunya Anda juga menunggu saat masa panen. Dimana masa panen tentunya ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Akan tetapi, untuk melakukan pemanenan tidak memiliki ukuran khusus untuk dijadikan sebagai patokan dalam melakukan pemanenan. Sebab ukurannya seperti apapun tetap saja belut menjadi jenis ikan yang kaya akan protein. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang terbaik, belut yang siap dipanen yaitu sekitar 3-4 bulan setelah fase  pembesaran langsung. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemanenan tidak hanya langsung dijual dan dikonsumsi. Melainkan juga bisa melakukan panen untuk pembibitan. Dengan begitu, Anda juga harus bisa memilih belut yang memiliki kualitas baik untuk dijadikan sebagai induk, untuk menghasilkan bibit yang juga berkualitas bagus.

Nah, itulah beberapa cara ternak belut bagi pemula yang bisa Anda coba lakukan, dengan melakukan beberapa cara tersebut, tentunya akan sangat membuat belut budidaya Anda akan semakin bagus dan memiliki kualitas yang terbaik.

Artikel Terkait dengan Cara Ternak Belut Bagi Pemula