Cara Ternak Belut Bagi Pemula

Bagi Anda mungkin sering mendengar bahwa belut menjadi salah satu hewan yang banyak dijumpai di sawah dan tanah yang berlumpur. Akan tetapi, saat ini di sawah pun jarang sekali bisa mendapatkan belut. Sehingga banyak sekali pengusaha yang berusaha untuk beternak belut. Akan tetapi, untuk beternak belut Anda juga harus bisa memperhatikan media untuk pembesaran belut. Maka cara ternak belut bagi pemula yang Anda lakukan akan sangat bagus. Untuk media yang bisa Anda gunakan yaitu seperti lumpur sawah, kompos, humus, pelepah pisang, jerami, dan juga jenis tanaman air. dengan menggunakan beberapa media tersebut tentunya akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan belut yang bagus.

  • Pengaturan Air Di Kolam Atau Di Drum

    Cara Ternak Belut Bagi Pemula Agar Cepat Panen

    Cara ternak belut bagi pemula yang selanjutnya yaitu dengan mengatur air di kolam atau di drum. Melakukan pengaturan di  kolam ini bertujuan untuk belut bisa memiliki cukup ruang untuk melakukan pergerakan. Apalagi belut termasuk hewan yang bergerak aktif. Sehingga Anda harus bisa mengatur sirkulasi air yaitu tidak boleh lebih dan juga kurang. Dengan demikian, cara ternak belut bagi pemula yang Anda lakukan juga akan berhasil.

  • Memberikan Pakan Dengan Teratur

    Cara Ternak Belut Bagi Pemula Secara Praktis

    Memberikan pakan dengan teratur menjadi salah satu cara ternak belut bagi pemula. Hal ini dikarenakan dengan memberikan pakan yang tepat maka Anda akan mendapatkan belut yang tentunya berkualitas baik. Untuk itulah, pakan yang bisa Anda gunakan yaitu seperti bekicot, limbah ikan, sisa cincangan ayam, dan pelet. Dengan berbagai pakan tersebut, tentunya akan mendapatkan hasil ternak yang sangat bagus. Serta untuk pemberian pakan harus dilakukan 1 sampai 2 kali dalam sehari.

  • Memperhatikan Hama Atau Penyakit Belut

    Cara Ternak Belut Bagi Pemula Cepat Panen

    cara ternak belut bagi pemula yang selanjutnya yaitu dengan memperhatikan hama atau penyakit belut. Meskipun, pada awalnya Anda menyebarkan bibit yang terbaik dan tanpa penyakit. Tentunya saat Anda akan proses pemeliharaan dan juga proses pemanenan. Maka Anda akan menemui belut yang memiliki hama dan penyakit. Sehingga Anda saat melakukan pemeliharaan harus bisa memperhatikan belut apakah terkena hama atau tidak. Biasanya hama yang sering menyerang yaitu hama seperti ular, berang, berang dan juga tikus sawah. Beberapa jenis hama tersebut, ternyata bisa mempengaruhi hasil pemanenan belut yang akan dilakukan.

  • Menjaga Kebersihan Kolam Atau Drum

    Cara Ternak Belut Bagi Pemula dengan Cepat

    Menjaga kebersihan kolam atau drum memang menjadi prioritas yang utama untuk dijadikan sebagai salah satu cara ternak belut bagi pemula. Sebab dengan menjaga kebersihan kolam tentunya akan membuat belut juga akan memiliki kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Sehingga tak heran jika, dengan melakukan pembersihan kolam juga sangat penting untuk dilakukan. Serta, Anda juga harus bisa menjauhkan beberapa macam binatang yang bisa mengotori kolam atau menjatuhkan drum. Dengan demikian, Anda akan sangat menjaga kebersihan kolam atau drum Anda dengan baik.

  • Pemanenan Belut Dengan Benar

    Cara Ternak Belut Bagi Pemula Dan Tips Cepat Panen

  • One thought on “Cara Ternak Belut Bagi Pemula

    Comments are closed.