Menu

Cara Ternak Burung Kenari Bagi Pemula

Cara Ternak Burung Kenari Bagi Pemula – Burung Kenari merupakan salah satu burung yang dikenal akan suaranya yang berisik namun indah. Melihat hal tersebut tentu banyak orang yang ingin memelihara maupun menjadikannya sebagai ajang bisnis dan berternak burung kenari. Tentu saja hal ini mengundang daya tarik tersendiri bagi orang yang ingin berternak. Karena Anda masih seorang pemula, maka ada baiknya Anda mengetahui beberapa cara dalam berternak burung kenari bagi pemula ini dengan menyimak ulasan singkatnya berikut ini!

Cara Ternak Burung Kenari Bagi Pemula

cara ternak burung kenari bagi pemula

Di bawah ini kami akan memberikan ulasan singkat seputar apa saja cara ternak burung kenari bagi pemula yang wajib untuk Anda perhatikan sebelum mencoba memulai berternak. Adapun beberapa cara dan metode ternak burung kenari tersebut diantaranya:

Kenali Terlebih Dahulu Burung Kenari

cara ternak burung kenari bagi pemula yang benar

Bagi seorang yang ingin mengetahui cara ternak burung kenari bagi pemula yang mengetahui seluk beluk burung kenari tersebut. Dan jika Anda ingin memelihara burung kenari maka Anda harus mengumpulkan beberapa informasi yang pas untuk dapat memelihara burung kenari dengan benar. Dan sebelum Anda memulai ternak burung kenari ini, ada baiknya Anda mengenai betul karakter dan sifat yang dimiliki oleh burung kenari ini.

Mengapa Anda ingin berternak burung kenari? Mungkin sebagian orang akan mengatakan bahwa hal tersebut hanya sekedar hobi namun ada juga yang bicara karena untuk di bisniskan. Memang banyak orang yang memelihara dan mencari burung kenari ini, dikarenakan burung kenari ini merupakan burung petarung dan penyanyi yang bisa Anda adu. Burung kenari ini juga sangat mudah beradaptasi meskipun lingkungan dan kondisinya berbeda, sehingga Anda tidak perlu takut akan burung kenari yang depresi. Cara ternak burung kenari bagi pemula harus mengetahui bahwa burung kenari ini mempunyai sifat yang mudah birahi, apalagi jika sudah bertemu dengan burung kenari betina. Namun tidak hanya bertemu dengan burung betina saja yang menyebabkan birahinya tinggi, bisa juga karena faktor pemberian makanan yang bervariasi dan penjemuran yang terlalu berlebihan.

Memilih Induk Burung Kenari yang Berkualitas

cara ternak burung kenari bagi pemula terbaru

Sebelum Anda memulai untuk ternak burung kenari, maka Anda harus mengenal lebih jauh lagi tentang cara ternak burung kenari bagi pemula yaitu dengan memilih induk burung kenari yang berkualitas. Pilihlah yang sangat berkualitas dan tidak ada cacatnya, hal ini bertujuan agar turunan dari burung kenari induk tersebut merupakan bibit kenari yang bagus, baik fisiknya maupun suaranya karena burung ini di tandingkan suaranya. Cara memilihnya cukup mudah, yaitu dengan menemukan indukan yang umurnya sudah 6 bulan untuk betina dan 8 bulan untuk burung kenari jantan. Setelah itu proses pemilihan selanjutnya ini yaitu pilihlah indukan yang memiliki suara nyaring, bagus serta sering berkicau. Usahakan untuk induknya terbebas dari berbagai penyakit seperti sesak nafas, lecet-lecet, buang air besar tidak lancar dan penyakit lainnya.

Menyediakan Kandang untuk Ternak Kenari

cara ternak burung kenari bagi pemula yang terbukti

Setelah semua proses di atas tersebut lancar, maka saatnya untuk Anda memikirkan kandang yang cocok untuk ditempati burung kenari. Cara ternak burung kenari bagi pemula selanjutnya kita harus menyiapkan sangkar untuk ternak burung kenari maka proses berternak Anda akan membuahkan hasil. Anda bisa membeli langsung di toko atau membuatnya sendiri. Jika Anda membuat sangkar tersebut sendiri maka hitung saja secara umum. Umumnya ukuran kandang yang layak untuk burung kenari ini yaitu sekitar panjang 40 cm, lebar 40 cm, dan tingginya 45 cm. Namun, bisa saja Anda kira-kira karena jangan sampai membuat sangkar yang sempit hal ini dikarenakan burung kenari mudah stress. Dan usahakan juga agar kandang jauh dengan kebisingan agar tidak mengganggu induk kenari ketika dalam masa bertelur.

Membedakan Kenari Jantan dan Betina

cara ternak burung kenari bagi pemula yang benar

Cara ternak burung kenari bagi pemula ini memang perlu bagi Anda untuk mengetahui perbedaan burung kenari jantan dan burung kenari betina dengan melihat beberapa hal yang ada di burung kenari tersebut seperti:

  1. Untuk postur tubuh kenari jantan lebih panjang dibandingkan dengan burung kenari betina yang bentuknya cenderung bulat.
  2. Dan untuk burung kenari yang jantan biasanya sering berbunyi setelah dipisahkan dari induknya (biasanya usia 1 bulan) dan sedangkan untuk burung kenari betina dia terkesan diam.
  3. Anda bisa juga membedakan dengan melihat telurnya, bila bentuk dari telurnya terlihat oval berarti burung kenari tersebut jantan namun jika bentuk dari telurnya tersebut bulat tidak dapat dipungkiri bahwa telur tersebut memiliki burung kenari betina.

Menjodohkan Induk Kenari Jantan Dengan burung Kenari Betina

cara ternak burung kenari bagi pemula sangat benar

Proses penjodohan memang harus kita perhatikan karena hal ini sangat berpengaruh dengan keturunannya nanti. Namun hal ini justru sangat mudah dilakukan karena birahi burung kenari sangatlah besar. Cara ternak burung kenari bagi pemula ini Anda hanya perlu menjodohkannya dengan mendekatkan sangkar kenari jantan dan sangkar kenari betina. Jika sudah saling suka, maka kenari jantan akan terlihat agresif dan jika sudah begitu maka satukan burung kenari jantan dan betina di dalam satu kandang.

Mengawinkan Kenari

cara ternak burung kenari bagi pemula dan senior

Cara ternak burung kenari bagi pemula yang selanjutnya yaitu bila sudah dalam satu kandang maka ada baiknya Anda rutin mengambil kenari jantan dan memasukkannya ke dalam sangkar kenari betina setiap sore hari. Kemudian ambil kembali kenari jantan saat datang waktu pagi hari. Lakukan proses tersebut hingga dirasa burung kenari betina bertelur.

Proses Pengeraman Telur

cara ternak burung kenari bagi pemula yang betul

Untuk tahapan dalam cara ternak burung kenari bagi pemula ini, saat sudah memasuki tahapan pengeraman. Maka ada baiknya kandang dilengkapi dengan sarang telur dan ditambahkan lampu 5 watt di kandangnya supaya suhunya bertambah hangat dan mempercepat proses penetasan.  Untuk sarang telurnya Anda bisa membeli langsung di pasar burung sehingga tidak perlu repot menyusun lagi. Biasanya telur akan menetas jika sudah memasuki 11-14 hari dan itu semua tergantung dengan kondisi.

Proses Menetaskan Telur

cara ternak burung kenari bagi pemula yang mudah

Jika telur burung kenari sudah menetas, maka berilah segera anak kenari asupan makanan selama satu minggu berupa air dan telur puyuh yang direbus. Dan setelah satu minggu berlalu maka Anda bisa memberi makan anak kenari dengan biji-bijian maupun sayuran seperti apel. Dan untuk anakan kenari yang sudah mencapai umur 1 bulan sudah bisa makan sendiri. Dengan begitu cara ternak burung kenari bagi pemula akan sukses dan bisa menguntungkan.

Menjaga Kesehatan dan Merawat Anak Kenari

cara ternak burung kenari bagi pemula yang tepat

Cara ternak burung kenari bagi pemula yang terakhir ini yaitu Anda harus memperhatikan dengan benar kesehatan anak burung kenari ini. Hal ini tentunya bertujuan untuk menyehatkan dan meningkatkan performa dari burung kenari tersebut. Caranya dengan selalu rajin membersihkan kandang dan memandikan anak burung kenari lalu menjemurnya sebentar hingga kering. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memberikan obat alami ke pada anak burung kenari agar lebih kebal terhadap penyakit.

Itulah cara ternak burung kenari bagi pemula yang bisa Anda ketahui dan wajib untuk Anda pahami terlebih dahulu sebelum memulai dalam berternak. Terus simak informasi seputar panduan cara ternak lengkap hanya di panduanternak.com

Artikel Terkait dengan Cara Ternak Burung Kenari Bagi Pemula