Cara Ternak Burung Kenari Bagi Pemula

Menyediakan Kandang untuk Ternak Kenari

cara ternak burung kenari bagi pemula yang terbukti

Setelah semua proses di atas tersebut lancar, maka saatnya untuk Anda memikirkan kandang yang cocok untuk ditempati burung kenari. Cara ternak burung kenari bagi pemula selanjutnya kita harus menyiapkan sangkar untuk ternak burung kenari maka proses berternak Anda akan membuahkan hasil. Anda bisa membeli langsung di toko atau membuatnya sendiri. Jika Anda membuat sangkar tersebut sendiri maka hitung saja secara umum. Umumnya ukuran kandang yang layak untuk burung kenari ini yaitu sekitar panjang 40 cm, lebar 40 cm, dan tingginya 45 cm. Namun, bisa saja Anda kira-kira karena jangan sampai membuat sangkar yang sempit hal ini dikarenakan burung kenari mudah stress. Dan usahakan juga agar kandang jauh dengan kebisingan agar tidak mengganggu induk kenari ketika dalam masa bertelur.

Membedakan Kenari Jantan dan Betina

cara ternak burung kenari bagi pemula yang benar

Cara ternak burung kenari bagi pemula ini memang perlu bagi Anda untuk mengetahui perbedaan burung kenari jantan dan burung kenari betina dengan melihat beberapa hal yang ada di burung kenari tersebut seperti:

  1. Untuk postur tubuh kenari jantan lebih panjang dibandingkan dengan burung kenari betina yang bentuknya cenderung bulat.
  2. Dan untuk burung kenari yang jantan biasanya sering berbunyi setelah dipisahkan dari induknya (biasanya usia 1 bulan) dan sedangkan untuk burung kenari betina dia terkesan diam.
  3. Anda bisa juga membedakan dengan melihat telurnya, bila bentuk dari telurnya terlihat oval berarti burung kenari tersebut jantan namun jika bentuk dari telurnya tersebut bulat tidak dapat dipungkiri bahwa telur tersebut memiliki burung kenari betina.

Menjodohkan Induk Kenari Jantan Dengan burung Kenari Betina

cara ternak burung kenari bagi pemula sangat benar

Proses penjodohan memang harus kita perhatikan karena hal ini sangat berpengaruh dengan keturunannya nanti. Namun hal ini justru sangat mudah dilakukan karena birahi burung kenari sangatlah besar. Cara ternak burung kenari bagi pemula ini Anda hanya perlu menjodohkannya dengan mendekatkan sangkar kenari jantan dan sangkar kenari betina. Jika sudah saling suka, maka kenari jantan akan terlihat agresif dan jika sudah begitu maka satukan burung kenari jantan dan betina di dalam satu kandang.

Mengawinkan Kenari

cara ternak burung kenari bagi pemula dan senior

Cara ternak burung kenari bagi pemula yang selanjutnya yaitu bila sudah dalam satu kandang maka ada baiknya Anda rutin mengambil kenari jantan dan memasukkannya ke dalam sangkar kenari betina setiap sore hari. Kemudian ambil kembali kenari jantan saat datang waktu pagi hari. Lakukan proses tersebut hingga dirasa burung kenari betina bertelur.

Proses Pengeraman Telur

cara ternak burung kenari bagi pemula yang betul

Untuk tahapan dalam cara ternak burung kenari bagi pemula ini, saat sudah memasuki tahapan pengeraman. Maka ada baiknya kandang dilengkapi dengan sarang telur dan ditambahkan lampu 5 watt di kandangnya supaya suhunya bertambah hangat dan mempercepat proses penetasan.  Untuk sarang telurnya Anda bisa membeli langsung di pasar burung sehingga tidak perlu repot menyusun lagi. Biasanya telur akan menetas jika sudah memasuki 11-14 hari dan itu semua tergantung dengan kondisi.