Menu

Begini Cara Ternak Burung Merpati Dari Awal Sampai Sukses Panen

Cara Ternak Burung Merpati – Siapa yang tidak tahu dengan burung merpati. Burung merpati merupakan salah satu jenis burung yang banyak diminati oleh semua kalangan. Biasanya burung merpati diternakkan untuk anakan, potong, atau pun hanya untuk pertandingan saja. Dengan begitu, tak heran jika banyak sekali yang menginginkan memelihara atau menernakkan merpati.

Selain itu, menernakkan merpati bukanlah hal yang sulit. Sehingga Anda bisa melakukan cara-cara untuk bisa menernaknya dengan baik dan menghasilkan anakan yang bagus. Nah, untuk itulah disini kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai cara ternak burung merpati untuk pemula, selengkapnya simak ulasan singkat di bawah ini!

Cara Ternak Burung Merpati

cara ternak burung merpati lokal

Di bawah ini ada beberapa penjelasan cara ternak burung merpati yang benar yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Pemilihan Merpati Yang Unggulan

cara ternak burung merpati super

Cara Ternak Burung Merpati dengan tepat yang pertama yaitu dengan pemilihan merpati yang unggulan. Seperti yang telah diketahui, merpati merupakan salah satu burung yang banyak diminati oleh sebagian orang. Sehingga banyak sekali orang yang ingin menernakkan burung merpati. Namun demikian, untuk mendapatkan hasil merpati yang berkualitas bagus. Anda juga harus bisa memilih burung merpati yang akan Anda jadikan sebagai indukan. Dengan begitu, sudah dipastikan bahwa indukan yang Anda pilih akan menghasilkan anakan yang berkualitas bagus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih indukan yang yang memiliki unggulan yang terbaik. Adapun beberapa cara Ternak Burung Merpati hias kriteria tersebut diantaranya:

  • Usahakan untuk memilih indukan, pilihlah indukan yang memiliki tubuh yang sehat dan tidak terserang penyakit.
  • Memiliki bulu yang bagus dan indah. Bahkan usahakan untuk memilih burung merpati yang memiliki bulu yang terbaik meskipun dari segi warna atau pun segi kehalusannya.
  • Usahakan untuk memilih burung yang bagian ujung sayapnya tak melor atau tidak turun.
  • Selanjutnya, Anda harus bisa memilih burung merpati yang sudah jinak. Bilamana Anda akan menangkapnya maka burung merpati tidak akan melakukan penawaran.
  • Serta, Usahakan untuk membeli burung merpati yang masih muda. Sebab jika membeli burung merpati yang sudah tua. Tentunya akan mempengaruhi telur yang akan dihasilkan atau akan berpengaruh terhadap dagingnya.

Gunakan Kandang Yang Tepat

cara ternak burung merpati yang tepat

Cara Ternak Burung Merpati agar cepat bertelur yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan kandang yang tepat atau kandang yang akan digunakan untuk menernakkan burung merpati. Sebab burung merpati merupakan burung yang gampang-gampang susah untuk dipelihara. Jika burung mengalami stress juga akan berpengaruh terhadap kualitas burung. Sehingga untuk menernaknya Anda harus menggunakan kandang yang tepat. Perlu diketahui, bahwa kandang untuk menernakkan burung merpati yaitu sistem sangkar, atau sistem lepas sangkar. Dimana untuk sistem sangkar yaitu dengan memberikan beberapa burung dara di satu sangkar.

Namun demikian, sangkar ini harus lah lebih besar sehingga bisa memuat burung merpati yang Anda pelihara. Namun begitu, dengan menggunakan sistem ini akan membuat burung merpati juga semakin terkekang. Sebab  burung merpati merupakan burung yang suka bersosialisasi dengan cara terbang mondar-mandir. Sehingga jika menggunakan sistem ini di khawatirkan dapat membuat burung semakin memiliki kualitas yang tidak baik. Sedangkan dengan menggunakan sistem sangkar lepas yaitu dengan membiarkan burung tetap berada di sangkar.

Akan tetapi, demikian untuk melepas burung yang menggunakan sistem ini usahakan untuk memilih burung merpati yang telah bertelur atau mengerami. Dengan demikian, cara ternak burung merpati potong yang bisa Anda lalukan juga akan menghasilkan burung yang terbaik. Jadi Anda bisa memilih sistem apa yang akan Anda gunakan sesuai dengan keinginan Anda.

Perhatikan Asupan Makanan Dan Minuman

cara ternak burung merpati berkualitas

Untuk melakukan cara ternak burung merpati bagus yang gampang-gampang susah. Tentunya Anda juga harus bisa memperhatikan asupan makanan dan minuman yang akan diberikan pada burung merpati. Sebab burung ini juga termasuk burung yang bisa tumbuh dengan baik. Jika asupan makanan dan minuman juga terbaik. Biasanya makanan yang digunakan juga berupa  makanan sayuran seperti jagung, milet, gandum, dan kacang hijau. Dengan memberikan makanan tersebut.

Anda juga bisa memastikan bahwa burung merpati yang Anda ternak juga memiliki kualitas yang terbaik. Selain dengan memperhatikan makanan, minuman juga menjadi hal yang paling di perhatikan. Biasanya untuk minuman yang akan diberikan pada burung merpati usahakan minuman yang bersih dan juga tidak kotor. Atau Anda juga bisa menambahkan suplemen yang dicampurkan di minumannya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan burung merpati yang terbaik dan cara ternak burung merpati yang baik yang Anda lakukan akan berhasil dengan sangat bagus.

Menjodohkan Burung Merpati

cara ternak burung merpati hias

Setelah melakukan beberapa cara ternak burung merpati yang cepat tersebut, selanjutnya Anda harus menjodohkan burung merpati yang akan diternakkan untuk menghasilkan anakan. Akan tetapi, jika Anda hanya melakukan ternak ayam untuk digunakan pedaging. Maka Anda hanya perlu memperhatikan cara-cara yang sebelumnya. Lalu bagaimana cara untuk menjodohkan burung merpati untuk menghasilkan burung merpati yang terbaik. Biasanya Anda hanya menempatkan burung jantan dan betina dalam satu sangkar.

Namun demikian, untuk menempatkan burung jantan dan juga betina dengan menutupnya pada malam hari. serta untuk menjodohkan burung merpati ini biasanya dilakukan selama 3 hari. setelah itu, coba pisahkan jantan dengan betina. Maka jika dipisahkan jantan burung merpati akan mengejar burung betina. Jika hal tersebut terjadi, maka perjodohan yang Anda lakukan sudah berhasil. Dan sudah dipastikan betina juga sudah siap untuk bertelur.

Merawat Anakan

cara ternak burung merpati

Setelah melakukan perjodohan, cara ternak burung merpati sukses yang selanjutnya yaitu dengan memperhatikan merawat anakan. Untuk merawat anakan biasanya dilakukan setelah burung merpati bertelur, dan burung merpati biasanya akan merawat anaknya hingga berumur 6-7 minggu. Setelah itu, Anda sudah bisa mengambil anakan merpati untuk Anda pelihara sendiri. Dengan begitu, maka anakan burung merpati yang Anda dapatkan juga akan sehat. Namun demikian, untuk merawat anakan, Anda harus bisa memperhatikan tambahan nutrisinya, biasanya untuk nutrisi yang dibutuhkan yaitu beras, kacang tanah, milet, gandum, jagung, birdvit, dan birdmineral. Dengan memperhatikan beberapa asupan tersebut tentunya Anda juga akan menghasilkan burung yang terbaik dan menghasilkan anakan yang bagus untuk dijadikan sebagai pedaging.

Mempercepat Produktivitas Dari Anakan

cara ternak burung merpati dengan benar

Cara ternak burung merpati dengan benar yang terakhir yaitu dengan mempercepat produktivitas dari anakan. Dengan melakukan perawatan yang telah dilakukan untuk memberikan anakan yang terbaik. Tentunya Anda juga harus bisa meningkatkan produktivitas anakan. Sehingga dengan begitu, anakan juga bisa dijadikan sebagai burung pedaging atau akan diternakkan kembali menjadi burung petelur. Sehingga dengan begitu, Anda harus bisa memelihara anakan dengan memaksimalkan dengan beberapa makanan, kandang yang bersih, dan pengontrolan penyakit.

Dengan melakukan hal-hal tersebut tentunya akan menghasilkan anakan yang akan mempercepat produktivitasnya. Selain itu, untuk penempatan kandang Anda juga harus bisa melakukan yang terbaik. Biasanya untuk anakan yang masih dalam masa ini, untuk penempatan kandang yaitu kandang sangkar. Namun demikian, Anda harus bisa memperhatikan makanan dan juga minuman didalam sangkar. serta usahakan untuk membiarkan burung juga terbang di sangkar. Sehingga untuk sangkar yang digunakan juga harus sangkar yang lebih besar. dan usahakan untuk memberikan sangkar yang senyaman mungkin.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai cara ternak burung merpati tinggian yang bisa Anda ketahui dan coba. dengan melakukan beberapa cara ternak burung merpati konsumsi di atas untuk menernakkan burung merpati. Sudah dipastikan bahwa merpati yang akan ternakkan akan memiliki kualitas yang terbaik. Sehingga Anda memang bisa melakukan cara ternak burung merpati aduan di atas untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Terus simak informasi seputar panduan cara ternak lengkap hanya di www.panduanternak.com

Artikel Terkait dengan Begini Cara Ternak Burung Merpati Dari Awal Sampai Sukses Panen