Begini Cara Ternak Burung Merpati Dari Awal Sampai Sukses Panen

  • Usahakan untuk memilih indukan, pilihlah indukan yang memiliki tubuh yang sehat dan tidak terserang penyakit.
  • Memiliki bulu yang bagus dan indah. Bahkan usahakan untuk memilih burung merpati yang memiliki bulu yang terbaik meskipun dari segi warna atau pun segi kehalusannya.
  • Usahakan untuk memilih burung yang bagian ujung sayapnya tak melor atau tidak turun.
  • Selanjutnya, Anda harus bisa memilih burung merpati yang sudah jinak. Bilamana Anda akan menangkapnya maka burung merpati tidak akan melakukan penawaran.
  • Serta, Usahakan untuk membeli burung merpati yang masih muda. Sebab jika membeli burung merpati yang sudah tua. Tentunya akan mempengaruhi telur yang akan dihasilkan atau akan berpengaruh terhadap dagingnya.

Gunakan Kandang Yang Tepat

cara ternak burung merpati yang tepat

Cara Ternak Burung Merpati agar cepat bertelur yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan kandang yang tepat atau kandang yang akan digunakan untuk menernakkan burung merpati. Sebab burung merpati merupakan burung yang gampang-gampang susah untuk dipelihara. Jika burung mengalami stress juga akan berpengaruh terhadap kualitas burung. Sehingga untuk menernaknya Anda harus menggunakan kandang yang tepat. Perlu diketahui, bahwa kandang untuk menernakkan burung merpati yaitu sistem sangkar, atau sistem lepas sangkar. Dimana untuk sistem sangkar yaitu dengan memberikan beberapa burung dara di satu sangkar.

Namun demikian, sangkar ini harus lah lebih besar sehingga bisa memuat burung merpati yang Anda pelihara. Namun begitu, dengan menggunakan sistem ini akan membuat burung merpati juga semakin terkekang. Sebab  burung merpati merupakan burung yang suka bersosialisasi dengan cara terbang mondar-mandir. Sehingga jika menggunakan sistem ini di khawatirkan dapat membuat burung semakin memiliki kualitas yang tidak baik. Sedangkan dengan menggunakan sistem sangkar lepas yaitu dengan membiarkan burung tetap berada di sangkar.

Akan tetapi, demikian untuk melepas burung yang menggunakan sistem ini usahakan untuk memilih burung merpati yang telah bertelur atau mengerami. Dengan demikian, cara ternak burung merpati potong yang bisa Anda lalukan juga akan menghasilkan burung yang terbaik. Jadi Anda bisa memilih sistem apa yang akan Anda gunakan sesuai dengan keinginan Anda.