Ini Cara Ternak Cacing Bagi Pemula Agar Cepat Menghasilkan

Tempat Dan Media Tanah Yang Digunakan

Cara Ternak Cacing ikan

Salah satu cara ternak cacing halus  yang bisa Anda lakukan adalah dengan menempatkannya di tempat yang paling tepat. Hal yang satu ini tentunya langsung berhubungan dengan tanah yang baik sebagai tempat dari budidaya cacing yang satu ini. karena seperti yang kita ketahui jika untuk cacing ternak ini tidak boleh menggunakan berbagai tanah yang ada. dikhawatirkan cacing akan mudah mati dan memiliki kualitas yang sangat rendah.

Untuk itu bagi  Anda para pemula hendaknya memakai tanah yang berbahan organik saja. Hal ini dikarenakan tanah yang organik akan membuat cacing semakin memiliki kualitas yang baik tentunya. Tanah organik yang di maksud bisa berupa dedaunan yang gugur dan kering, bangkai hewan yang telah mati, buah  dan sebagainya. Dengan menggunakan berbagai jenis tanah tersebut dapat di pastikan cacing dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Apalagi jika tanah yang digunakan memiliki PH 6-7,2 maka cacing tersebut akan muda sekali berkembang.

Selain menentukan tanah yang akan digunakan. Pastikan juga untuk suhu ruangan yang di gunakan untuk menampung cacing tersebut hanya 15 – 25 derajat C saja. Hal yang satu ini juga harus di perhatikan mengingat  agar cacing dapat berkembang dengan baik. Sehingga Anda perlu melakukan beberapa hal tersebut.

Melakukan Pemberian Pakan Yang Tepat

Cara Ternak Cacing mudah

Cara ternak cacing pakan ikan selanjutnya adalah melakukan pemberian pakan yang tepat. Untuk cara ternak cacing yang satu ini harus benar-benar diperhatikan. Karena seperti yang kita ketahui jika melakukan pemberian akan yang sembarang akan membuat hewan ternak akan mati bukan? maka dari itu, meskipun hanya menternak cacing saja  tapi  hal yang satu ini harus benar-benar diperhatikan.

Dalam pemberian pakan yang satu ini haruslah dilakukan 1 kali dalam sehari. Cacing sendiri adalah memakan segalanya, sehingga Anda dapat memberikan segala macam pakan. Namun, perlu di perhatikan jika pakan yang  harus diberikan berupa serbuk. Untuk pemberian pakannya haruslah secara merata tapi tidak menutupi keseluruhan dari tempat penyimpanan dari cacing. Pastikan untuk memberikan pakan sebanding dengan cacing. Sehingga perbandingan bisa 1 : 1 antar pakan dan cacing.

Melakukan Pergantian Tanah Secara Rutin

Cara Ternak Cacing yang tepat

Tahukah Anda jika cara ternak cacing kandang  juga  perlu adanya pergantian tanah secara rutin. Hal yang satu ini memang harus dilakukan mengingat tanah menjadi tempat tinggal bagi cacing. Maka bila media tanahnya tak berkualitas lagi dan banyak kotornya tentunya harus di gantikan secara cepat.

Dalam melakukan pergantian tanah, tentunya Anda harus menggunakan jenis tanah yang sama yaitu tanak organik. Dengan menggantikan media dari ternak cacing yang satu ini harus di lakukan selama 2 minggu sekali. Maka cacingnya yang Anda ternak dapat berkembang biak dengan semakin baik.