Ini Cara Ternak Cacing Bagi Pemula Agar Cepat Menghasilkan

  • Pastikan Anda membeli bibit di peternakan cacing yang menyediakan berbagai jenis cacing yang berkualitas.
  • Pilihlah cacing yang muda maupun dewasa sebagai bibit yang bisa Anda gunakan untuk berternak.
  • Memilih cacing yang sekiranya lincah dan tanpa adanya cacat sekalipun.
  • Jangan sembarangan dalam memilih cacing tanah, apa lagi Anda membawa bibit dari tanah pekarangan sendiri maupun tempat sampah

Cara ternak cacing di rumah yang satu ini harus diperhatikan. Karena bila mendapatkan cacing yang tak berkualitas dapat dipastikan usaha ternak yang akan Anda jalankan akan berhenti di tengah jalan begitu saja. Jadi setidaknya bila Anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar dan tak ingin bangkrut, sebisa mungkin memperhatikan yang satu ini juga.

Kandang Yang Tepat

Cara Ternak Cacing

Cara ternak cacing dan pemasaran  yang bisa Anda ketahui selanjutnya adalah kandang yang tepat. Untuk usah yang satu ini, memang harus diperhatikan benar-benar. Karena usah ternak cacing pun juga harus memiliki kandang yang  tepat. Kandang  ini bisa Anda buat sendiri daru bambu, kayu, genteng dan sebagiannya. Lalu, bentuklah menjadi kandang permanen. Dengan ukuran 1,8 meter x 1,5 meter dengan tinggi 0,50 meter. Untuk bagian dalamnya Anda bisa menggunakannya seperti rak, kotak bertumpuk dan sebagainya.

Tempat Dan Media Tanah Yang Digunakan

Cara Ternak Cacing ikan

Salah satu cara ternak cacing halus  yang bisa Anda lakukan adalah dengan menempatkannya di tempat yang paling tepat. Hal yang satu ini tentunya langsung berhubungan dengan tanah yang baik sebagai tempat dari budidaya cacing yang satu ini. karena seperti yang kita ketahui jika untuk cacing ternak ini tidak boleh menggunakan berbagai tanah yang ada. dikhawatirkan cacing akan mudah mati dan memiliki kualitas yang sangat rendah.

Untuk itu bagi  Anda para pemula hendaknya memakai tanah yang berbahan organik saja. Hal ini dikarenakan tanah yang organik akan membuat cacing semakin memiliki kualitas yang baik tentunya. Tanah organik yang di maksud bisa berupa dedaunan yang gugur dan kering, bangkai hewan yang telah mati, buah  dan sebagainya. Dengan menggunakan berbagai jenis tanah tersebut dapat di pastikan cacing dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Apalagi jika tanah yang digunakan memiliki PH 6-7,2 maka cacing tersebut akan muda sekali berkembang.

Selain menentukan tanah yang akan digunakan. Pastikan juga untuk suhu ruangan yang di gunakan untuk menampung cacing tersebut hanya 15 – 25 derajat C saja. Hal yang satu ini juga harus di perhatikan mengingat  agar cacing dapat berkembang dengan baik. Sehingga Anda perlu melakukan beberapa hal tersebut.