Menu

Begini Cara Ternak Cucak Ijo Bagi Pemula Yang Benar

Cara Ternak Cucak Ijo – Siapa yang tidak tahu dengan jenis burung cucak ijo. Burung jenis ini menjadi salah satu burung yang banyak diminati oleh para pecinta burung. Hal ini dikarenakan burung ini mengeluarkan suara yang sangat merdu dan juga memiliki warna yang sangat bagus. Dimana warna dari burung ini yaitu berwarna hijau dengan paruh dan wajah yang berwarna hitam. Dengan warna yang sangat mencolok tersebut tak heran jika banyak sekali para pencinta burung yang ingin memelihara dan juga melakukan ternak cucak ijo.

Akan tetapi, untuk menernak burung cucak ijo banyak sekali hal-hal yang sangat perlu diperhatikan. Sebab burung ini juga termasuk burung yang berharga mahal dan untuk beternak cucak ijo juga dengan perawatan yang tidak sedikit dan juga cara yang sulit. Akan tetapi, jika Anda berniat untuk  cara ternak cucak ijo dan dengan sungguh-sungguh. Maka Anda juga akan bisa menernakkannya. Nah, untuk itulah disini kami akan menjelaskan secara singkat mengenai cara ternak cucak ijo bagi pemula, selengkapnya simak ulasan singkat di bawah ini!

Cara Ternak Cucak Ijo Bagi Pemula Yang Benar

Cara Ternak Cucak Ijo bagi pemula dengan benar

Di bawah ini ada beberapa cara ternak cucak ijo bagi pemula yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Memilih Indukan Cucak Ijo Yang Bagus Dan Berkualitas

Cara Ternak Cucak Ijo dengan tepat

Cara ternak cucak ijo bagi pemula yang pertama yaitu dengan memilih indukan cucak ijo yang bagus dan memiliki kualitas yang bagus. Cara ternak ini juga sangat penting untuk diperhatikan karena akan berpengaruh pada cucak ijo yang Anda ternak nantinya. Sebab jika indukan yang dipilih sudah tidak memiliki kualitas yang tidak baik maka anakan yang akan dihasilkan juga tidak akan sesuai dengan keinginan. Sehingga Anda memang harus memperhatikan indukan yang tepat. Ada beberapa acuan untuk cara ternak cucak ijo dalam memilih indukan yang  berkualitas tinggi. Adapun beberapa acuan tersebut diantaranya:

  • Cara ternak cucak ijo pemilihan bibit yang pertama yaitu dengan memilih bibit yang akan digunakan harus lincah dan yang sangat sehat.
  • Burung jantan harus berusia di atas 2 tahun sedangkan untuk bibit burung betina usianya harus di atas 1 tahun.
  • Indukan burung jantan, usahakan untuk mencari bibit cucak ijo yang sering berkicau agar ternak Anda berhasil.
  • Usahakan untuk memilih indukan yang sudah jinak dan sudah tidak takut lagi dengan manusia.
  • Serta cara ternak cucak ijo dalam hal pemilihan bibit yang terakhir yaitu memilih bibit memiliki tubuh yang normal secara fisik dengan tidak memiliki cacat fisik.

Menyiapkan Kandang Yang Tepat

Cara Ternak Cucak Ijo yang tepat

Setelah, Anda memilih indukan yang sangat bagus dan juga berkualitas selanjutnya sebagai cara ternak cucak ijo yaitu dengan menyiapkan kandang yang tepat. Kandang yang tepat ini sesuai dengan burung yang akan Anda ternakan. Sebab ada dua jenis kandang yang biasanya digunakan untuk memelihara burung cucak ijo. Kedua jenis kandang tersebut yaitu kandang sangkar dan juga kandang koloni. Dengan begitu, Anda memang harus memilih kandang yang akan Anda gunakan. Jika kandang sangkar untuk memelihara satu burung sedangkan untuk kandang koloni untuk menernakkan burung cucak ijo.

Selain itu, setelah Anda memilih kandang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda harus memperhatikan tempat makan dan minum untuk burung, serta tempat untuk bertengger. Serta Anda harus membuat kandang cucak ijo dengan lingkungan yang tenang dan menghindari kandang dari predator seperti kucing dan tikus. Selain itu, juga harus bisa memperhatikan kebersihan kandang dengan menghindari dari kecoa dan serangga yang lainnya.

Melakukan Proses Perkawinan

Cara Ternak Cucak Ijo bagi pemula yang benar

Cara ternak cucak ijo yang selanjutnya yaitu dengan melakukan proses perkawinan. Proses perkawinan untuk burung cucak ijo tergantung dengan jenis kandang apa yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan kandang koloni maka Anda tanpa perlu repot-repot untuk perkawinan burung. Sebab burung jantan dan juga betina bergerak dengan bebas. Akan tetapi, jika Anda menggunakan kandang sangkar maka Anda harus melakukan perkawinan.

Namun demikian, untuk melakukan perkawinan sangat disarankan untuk betina cucak ijo dalam keadaan birahi. Untuk membuat burung betina birahi, Anda bisa memberikan makanan pendukung seperti cacing, tekur, dan kroto. Setelah itu, Anda sudah membiarkan burung cucak ijo tersebut dalam satu kandang. Maka, saat akan melakukan perkawinan burung cucak ijo jantan akan mengeluarkan suara yang merdu dan betina akan menanggapi dengan siulan-siulan. Pada saat ini burung jantan dan juga betina sudah melakukan perkawinan.

Perhatikan Masa Pengeraman Telur

Cara Ternak Cucak Ijo bagi pemula dengan tepat

Setelah melakukan proses perkawinan, maka cara ternak cucak ijo yang selanjutnya dengan memperhatikan masa pengeraman telur. Dimana masa pengeraman ini akan berlangsung sekitar 2 minggu dan untuk kekuatan telur yang akan menetas sesuai dengan kondisi betina dan juga lingkungan sekitar.

Sehingga Anda memang harus bisa memperhatikan lingkungan sekitar Anda. Biasanya selama 2 hari sebelum menetas, Anda sangat disarankan untuk memperbanyak pemberian kroto. Hal ini dilakukan, pada saat telur akan menetas. Maka burung sudah bisa memberikan kroto pada anakan burung cucak ijo. Maka dengan demikian, anakan burung cucak ijo juga akan memiliki kualitas yang terbaik dan juga bagus. Dan cara ternak cucak ijo yang Anda lakukan sudah berhasil.

Masa Pemeliharaan Anakan

Cara Ternak Cucak Ijo

Cara ternak cucak ijo yang selanjutnya yaitu memperhatikan masa pemeliharaan anakan.  Masa pemeliharaan anakan memang harus dilakukan dengan sangat hati-hati, dari umur anakan yang bisa dipetik yaitu sekitar 5-10 hari. sebab jika kurang dari 5 hari, kondisi burung masih dalam keadaan yang lemah. Sehingga Anda memang harus bisa memperhatikan umur yang akan dilakukan pemeliharaan.

Selain itu, kandang untuk anakan cucak ijo juga harus diperhatikan yaitu dengan menyiapkan alas yang lembut seperti kapas, daun cemara atau pinus. Dengan memberikan alas seperti itu, dilaksanakan untuk menghindari kaki anakan akan mengalami cedera. Setelah memperhatikan kandang yang akan digunakan. Anda juga harus memperhatikan, makanan yang akan dikonsumsikan pada anakan cucak ijo. Biasanya dengan usia masih muda, berikan makanan jangkrik yang dibuang kepala dan juga kakinya. Dengan begitu, anakan juga akan sangat tumbuh dengan cepat dan cara ternak cucak ijo Anda juga berhasil.

Pemberian Pakan Setelah Sudah Masuk Usia Dewasa

Cara Ternak Cucak Ijo bagi pemula

Setelah Anda melakukan proses seperti di atas untuk cara ternak cucak ijo, tentunya Anda juga harus memberikan pakan yang tepat dan juga baik untuk tumbuh kembang dari anakan cucak ijo yang telah dewasa. Biasanya para peternak burung akan memberikan makanan yang banyak mengandung protein, karibohidrat, mineral, dan juga vitamin.

Selain pemberian tersebut, Anda juga harus memperhatikan pakan pokok berupa voer burung yang disediakan setiap saat. Dan makanan pendukung seperti kroto, jangkrik dan juga ulat. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan burung cucak ijo yang terbaik dan berkualitas tinggi.

Menjaga Kebersihan Kandang

Cara Ternak Cucak Ijo dengan benar

Cara ternak cucak ijo yang terakhir yaitu dengan menjaga kebersihan kandang. selain melakukan Cara ternak cucak ijo seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Anda juga harus membersihkan kandang. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari burung cucak ijo akan terserang virus dan juga bakteri. Selain itu, usahakan Anda untuk selalu memandikan burung cucak ijo setiap harinya. agar burung cucak ijo juga selalu sehat dan memiliki kualitas yang bagus.

Nah, itulah beberapa cara ternak cucak ijo bagi pemula yang bisa Anda coba lakukan. Dengan melakukan cara-cara di atas sudah dipastikan Anda akan mendapatkan cucak ijo yang sangat bagus dan berkualitas. Sehingga Anda memang harus bisa melakukan cara-cara tersebut. Terus simak informasi seputar panduan cara ternak lengkap hanya di www.panduanternak.com

Artikel Terkait dengan Begini Cara Ternak Cucak Ijo Bagi Pemula Yang Benar