Begini Cara Ternak Cucak Ijo Bagi Pemula Yang Benar

Melakukan Proses Perkawinan

Cara Ternak Cucak Ijo bagi pemula yang benar

Cara ternak cucak ijo yang selanjutnya yaitu dengan melakukan proses perkawinan. Proses perkawinan untuk burung cucak ijo tergantung dengan jenis kandang apa yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan kandang koloni maka Anda tanpa perlu repot-repot untuk perkawinan burung. Sebab burung jantan dan juga betina bergerak dengan bebas. Akan tetapi, jika Anda menggunakan kandang sangkar maka Anda harus melakukan perkawinan.

Namun demikian, untuk melakukan perkawinan sangat disarankan untuk betina cucak ijo dalam keadaan birahi. Untuk membuat burung betina birahi, Anda bisa memberikan makanan pendukung seperti cacing, tekur, dan kroto. Setelah itu, Anda sudah membiarkan burung cucak ijo tersebut dalam satu kandang. Maka, saat akan melakukan perkawinan burung cucak ijo jantan akan mengeluarkan suara yang merdu dan betina akan menanggapi dengan siulan-siulan. Pada saat ini burung jantan dan juga betina sudah melakukan perkawinan.

Perhatikan Masa Pengeraman Telur

Cara Ternak Cucak Ijo bagi pemula dengan tepat

Setelah melakukan proses perkawinan, maka cara ternak cucak ijo yang selanjutnya dengan memperhatikan masa pengeraman telur. Dimana masa pengeraman ini akan berlangsung sekitar 2 minggu dan untuk kekuatan telur yang akan menetas sesuai dengan kondisi betina dan juga lingkungan sekitar.

Sehingga Anda memang harus bisa memperhatikan lingkungan sekitar Anda. Biasanya selama 2 hari sebelum menetas, Anda sangat disarankan untuk memperbanyak pemberian kroto. Hal ini dilakukan, pada saat telur akan menetas. Maka burung sudah bisa memberikan kroto pada anakan burung cucak ijo. Maka dengan demikian, anakan burung cucak ijo juga akan memiliki kualitas yang terbaik dan juga bagus. Dan cara ternak cucak ijo yang Anda lakukan sudah berhasil.

Masa Pemeliharaan Anakan

Cara Ternak Cucak Ijo

Cara ternak cucak ijo yang selanjutnya yaitu memperhatikan masa pemeliharaan anakan.  Masa pemeliharaan anakan memang harus dilakukan dengan sangat hati-hati, dari umur anakan yang bisa dipetik yaitu sekitar 5-10 hari. sebab jika kurang dari 5 hari, kondisi burung masih dalam keadaan yang lemah. Sehingga Anda memang harus bisa memperhatikan umur yang akan dilakukan pemeliharaan.

Selain itu, kandang untuk anakan cucak ijo juga harus diperhatikan yaitu dengan menyiapkan alas yang lembut seperti kapas, daun cemara atau pinus. Dengan memberikan alas seperti itu, dilaksanakan untuk menghindari kaki anakan akan mengalami cedera. Setelah memperhatikan kandang yang akan digunakan. Anda juga harus memperhatikan, makanan yang akan dikonsumsikan pada anakan cucak ijo. Biasanya dengan usia masih muda, berikan makanan jangkrik yang dibuang kepala dan juga kakinya. Dengan begitu, anakan juga akan sangat tumbuh dengan cepat dan cara ternak cucak ijo Anda juga berhasil.

Pemberian Pakan Setelah Sudah Masuk Usia Dewasa

Cara Ternak Cucak Ijo bagi pemula

Setelah Anda melakukan proses seperti di atas untuk cara ternak cucak ijo, tentunya Anda juga harus memberikan pakan yang tepat dan juga baik untuk tumbuh kembang dari anakan cucak ijo yang telah dewasa. Biasanya para peternak burung akan memberikan makanan yang banyak mengandung protein, karibohidrat, mineral, dan juga vitamin.

Selain pemberian tersebut, Anda juga harus memperhatikan pakan pokok berupa voer burung yang disediakan setiap saat. Dan makanan pendukung seperti kroto, jangkrik dan juga ulat. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan burung cucak ijo yang terbaik dan berkualitas tinggi.

2 thoughts on “Begini Cara Ternak Cucak Ijo Bagi Pemula Yang Benar

Comments are closed.