Inilah Cara Ternak Ikan Cupang Agar Cepat Sukses

  • Perhatikan untuk ikan cupang baik jantan maupun betina haruslah berkualitas. Agar anakan dari ikan capungnya juga memiliki kualitas yang sama dengan indukannya.
  • Pastikan ikan cupang untuk indukan haruslah sempurna. Jangan sampai indukan mengalami cacat maupun
  • Indukan baik jantan maupun betina merupakan hasil keturunan yang sangat unggul. Tak ada campuran dengan ikan cupang yang lainnya dan benar-benar keturunan yang berkualitas.
  • Ikan cupang terlihat sangat kesit dan dalam kondisi yang bugar. Bahkan tak hanya itu Anda juga harus memastikan ikan cupang tidak mudah stres bila di pindahkan.
  • Pastikan, Anda memilih atau membeli indukan ikan cupang yang berkualitas dengan harga yang relatif tinggi. Karena bila harganya terkesan tinggi membuktikan ikan cupang tersebut memiliki kualitas yang cukup baik. Dan jika perlu Anda bisa membeli bibit ikan cupang di para pehobinya. Dsb

Selain memperhatikan beberapa kriteria dalam memilih bibit ikan cupang yang berkualitas. Pastikan juga Anda meminta bantuan pada orang yang telah mengerti ciri-ciri dan mengerti segalanya tentang ikan cupang. Dengan cara ternak ikan cupang cepat sukses yang satu ini, Anda tak akan tertipu dengan mudah tentunya.

Melakukan Perkawinan Indukan Ikan Cupang

Cara Ternak Ikan Cupang hias

Dalam cara ternak ikan cupang hias yang selanjutnya, Anda bisa melakukan perkawinan pada indukan ikan cupang. Baik itu indukan jantan maupun betina haruslah memiliki kualitas yang sama. Baru Anda bisa melakukan perkawinan indukan. Namun dalam hal ini Anda tidak boleh langsung menaruh betina ke kolam yang ikan cupang jantan. Karena cara yang satu ini, akan membuat kedua bertarung merebutkan wilayah. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa menaruh ikan cupang betinanya ke wadah botol yang berisi air secukupnya. Baru setelah itu, Anda bisa menaruhnya pada wadah yang berukuran besar yang berisi indukan jantan sebelumnya. Cara ternak ikan cupang berbagai warna yang satu ini di terapkan, jantan dapat tertarik dan nantinya proses perkawinan pun dapat berjalan dengan baik.

Ketika indukan jantan mulai membuat gelembung-gelembung air. Maka Anda bisa menaruh ikan cupang betina tadi agar membaur dengan si jantan. Biarkan melakukan pemijahan dalam beberapa  jam saja. Pastikan saat melakukan perkawinan ini, Anda bisa meletakkan aquarium doi tempat yang gelap. Mengingat untuk indukan ikan cupang betina sensitif dan sangat pemalu.

Setelah beberapa jam lamanya, dan proses pemijahan ini telah berlangsung Anda dapat memisahkan sang betina. Dan biarkan jantan masih tetap dalam wadah yang berisi gelembung tadi. Ikan cupang jantan nanti akan meletakkan satu persatu telur. Dan tunggulah hingga 24 jam maka telur-telur tersebut telah berubah menjadi burayak.Jika sudah mencapai 45 hari, burayak akan menjadi lebih besar. Dan Anda dapat langsung memisahkan  ikan ke kolam pembesaran sesuai dengan jenis kelamin dari  ikan cupang sendiri.

Cara ternak ikan cupang paling mudah dalam proses memijahkan ini harus di perhatikan. Apalagi bila Anda sempat tidak memisahkan indukan betina dengan telur maka, telur setelah proses pembuahan tersebut akan habis di makan olehnya.

One thought on “Inilah Cara Ternak Ikan Cupang Agar Cepat Sukses

Comments are closed.