Menu

Inilah Cara Ternak Jangkrik Yang Bisa Anda Ketahui

Cara Ternak Jangkrik – Jangkrik saat ini memang sangat susah di temui. Apalagi karena banyak yang memerlukan jangkrik sebagai pakan burung dan juga ikan. Sehingga karena hal yang satu ini, membuat banyak orang berlomba-lomba untuk membudidayakan  jangkrik dan meraih kesuksesan. Dan ternyata meskipun hanya  membudidayakan jangkrik, keuntungan yang dihasilkan tak tanggung-tanggung.

Nah, yang memancing banyak orang ingin membudidayakan jangkrik, adalah keuntungan yang di hasilkan tersebut. Salah satunya mungkin Anda? Jika Anda penasaran akan cara ternak jangkrik yang benar yang satu ini, yuk simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini!

Cara Ternak Jangkrik Bagi Pemula

Cara Ternak Jangkrik terkenal

Di bawah ini kami akan mengulas informasi seputar cara ternak jangkrik paling benar yang bisa Anda coba. Adapun beberapa cara ternak  jangkrik berkualitasnya sebagai berikut ini :

Menyiapkan Kandang Jangkrik Yang Tepat

Cara Ternak Jangkrik terbaik

Salah satu cara ternak jangkrik mudah yaitu dengan menyiapkan kandang yang tepat. Kandang menjadi hal yang terpenting untuk usaha ternak jangkrik. Dalam menetapkan kandang yang baik ini Anda bisa menggunakan papan kayu maupun kardus sebagai bahan utama untuk pembuatan kandang. Dalam pembuatannya pun cukup mudah. Bahkan di bentuk seperti kotak biasanya yang sangat sederhana juga bisa di gunakan sebagai kandang dari jangkrik.

Agar kandang tak hanya berbentuk kotak saja, tanpa tutup maka Anda bisa menambahkan tutupnya. Di sini pemberian tutup digunakan untuk membuat jangkrik tidak mudah lepas dan keluar dari kandang. Bahkan, juga membuat jangkrik aman  dari hama yang mengancam. Pastikan juga untuk kandang jangan sepenuhnya tertutup, berilah lubang kecil sebagai ventilasi agar jangkrik bisa bernafas dengan  baik.

Jika lahan atau ruangan yang digunakan untuk membudidayakan jangkrik terlalu sempit. Anda bisa membuat kandang jangkrik yang bersusun-susun. Dengan begitu, Anda bisa menternak jangkrik tanpa batasan yang ada.

Memilih Indukan Atau Bibit Jangkrik Yang Berkualitas

Cara Ternak Jangkrikyang tepat

Dalam cara ternak jangkrik paling mudah yang satu ini diperlukan juga kualitas yang baik untuk jangkrik sebagai bibitnya. Karena bagaimana pun, Anda yang ingin berusaha ternak jangkrik ini juga harus memperhatikan kualitas dari jangkrik. Karena jangkrik yang baik akan membuat Anda memiliki keuntungan yang banyak juga.

Adapun beberapa kriteria untuk bibit jangkrik yang bisa Anda pilih untuk di ternakan. Berikut ini beberapa kriterianya yang bisa Anda pilih sebagai berikut ini :

  • Untuk pemilihan bibit jangkrik atau indukannya baik jantan maupun betina, Anda bisa memilih jangkrik yang aktif dan berwarna agak gelap.
  • Selanjutnya pastikan jangkrik yang Anda pilih berkualitas baik dan tanpa adanya cacat sekalipun
  • Pilihlah jangkrik yang memiliki sungut maupun antena yang masih panjang. Dan pastikan warnanya lebih mengkilap dari pada jenis jangkrik yang lainnya.
  • Jangan memilih jangkrik yang mengeluarkan cairan dari mulutnya dan yang lainnya,
  • Pastikan untuk jangkrik memiliki suara yang keras dan lantang, untuk jenis jangkrik yang jantan. Nah, sedangkan untuk jangkrik yang betina, harus memiliki ovipositor di sekitaran ekornya. Sehingga betina seperti memiliki 3 helai.

Dengan mengetahui beberapa kriteria dari jangkrik unggulan tersebut, pastinya akan membuat Anda tak bingung memilih jangkrik seperti apa yang berkualitas. Sehingga bila cara ternak jangkrik paling mudah yang satu ini diperhatikan usaha Anda ke depannya akan lebih sukses lagi.

Perhatikan Kondisi Kandang Dari Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik yang bagus

Hal yang lebih penting lainnya dalam cara ternak jangkrik berkualitas adalah memperhatikan kondisi kandang dari jangkrik. Anda harus   memperhatikan kandang benar-benar kandang jangkrik yang akan di gunakan ini. Mulai dari  ventilasi yang digunakan, lalu bagaimana kelembaban dari kandang dan sebagainya.

Pada saat pergantian musim kemarau, Anda harus melihat kondisi dari kelembaban dari kandang.  Jangan sampai jangkrik terlalu kepanasan sehingga menyebabkan kematian. Untuk menghindari hal yang satu ini Anda bisa menyemprotkan air secara  berkala  agar udara dalam kandang masih tetap lembab. Tentunya jangan terlalu  banyak memberikan air pada kandang. Dengan cara ternak jangkrik agar cepat panen yang seperti ini, maka Anda dapat membuat panen jangkrik lebih banyak lagi karena resiko kematiannya  lebih kecil.

Memberikan Pakan Yang Tepat Untuk Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik tarung

Salah satu cara ternak jangkrik cepat panen yang diperhatikan selanjutnya adalah pemberian pakan pada jangkrik. Cara ternak jangkrik cepat besar yang satu ini juga sangatlah penting. Dalam pemberian pakannya harus benar-benar di jaga. Karena jangkrik juga bisa canibal satu sama lain.  Sehingga jangkrik pemberian pakan harus secara rutin agar hal tersebut tidak dapat terjadi.

Pakan yang di berikan untuk jangkrik  adalah voer  atau pakan ayam. Pemberian voer hanyalah untuk jangkrik yang masih anakan dan juga baru menetas. Sedangkan  jangkrik yang berukuran dewasa bisa di berikan sayuran, jagung muda hingga umbi-umbian. Dengan pakan yang berkualitas tersebut membuat  jangkrik juga tumbuh dengan baik dan berkualitas juga.

Proses Perkawinan Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik bagi pemula

Perlu Anda ketahui jika cara ternak jangkrik paling benar yang satu ini juga harus diperhatikan. Yaitu proses perkawinan dari jangkrik. Proses dari perkawinan jangkrik ini tak dilakukan dengan sembarangan. Karena untuk mengawinkan haruslah dari spesies yang sama baik jantan maupun betina. Bahkan untuk kandang yang digunakan  sebagai kandang kawinnya pun harus seperti habitat aslinya.

Anda bisa memberikan tanah dan juga dedaunan untuk menyamakannya dengan habitat si jangkrik. Pastikan juga dalam proses perkawinan dalam satu kandang indukan betina dan jantan memiliki perbandingan 10 : 2. Selain itu Anda juga harus memberikan pakan yang cukup dan berkualitas agar proses perkawinan dapat berjalan dengan lancar. Dengan memperhatikan cara ternak jangkrik yang tepat satu ini maka bibit jangkrik yang dihasilkan akan sangat banyak.

Menetaskan Telur Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik dengan benar

Cara ternak jangkrik yang cepat panen selanjutnya adalah menetaskan telur jangkrik. Setelah Anda mempelajari cara dan proses perkawinan dari jangkrik sendiri. Ada kalanya juga Anda dapat menetaskan telur jangkriknya sendiri. Untuk penetasan  telurnya bisa mencapai 7 hingga 10 hari lamanya. Baru telur tersebut dapat menetas dengan sendirinya.

Untuk ciri-ciri telur yang telah di buahi bisa berwarna lebih gelap. Anda bisa memindahkan telur yang telah di buahi tersebut ke kandang yang lainnya. Kandang tersebut nantinya akan di gunakan untuk pembesarannya juga hingga dewasa. Sehingga Anda perlu memperhatikan kelembaban dari kandangnya  juga.

Melakukan Pemanenan Ternak Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik yang sukses

Cara ternak jangkrik yang termudah yang selanjutnya adalah melakukan pemanenan ternak jangkrik. Yang dipanen  ada dua macam yaitu telur dan jangkriknya. Untuk  telur  jangkrik lebih mahal jika di bandingkan dengan jangkrik dewasanya. Karena untuk perkilo dapat mencapai ratusan ribu. Sedangkan untuk untuk jangkrik dewasanya bisa mencapai puluhan ribu rupiah.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara ternak jangkrik paling tepat yang bisa Anda coba. Dengan adanya beberapa cara  ternak  jangkrik untuk pemula  diatas Anda akan mengerti bagaimana cara ternak yang benar.  Sehingga , nantinya Anda tak usah bingung lagi dalam menjalankan usaha ternak jangkrik tersebut. Semoga adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terus simak informasi seputar panduan cara ternak lengkap hanya di panduanternak.com

Artikel Terkait dengan Inilah Cara Ternak Jangkrik Yang Bisa Anda Ketahui