Menu

1001 Tips Dan Panduan Cara Ternak Kacer Bagi Pemula

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula – Ternak kacer merupakan salah satu hal yang paling menguntungkan. Bagaimana tidak, hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi pecinta burung peliharaan seperti burung kacer misalnya. Dan perlu Anda ketahui jika akhir-akhir ini ternak kacer menjadi populer dan banyak dilakukan oleh pecinta burung peliharaan.

Beberapa jenis dan varian burung kacer tersebut tentunya akan sangat menyenangkan jika di ternak. Selain untuk hobi, beberapa orang yang ingin mengetahui cara ternak kacer tersebut tentunya menginginkan keuntungan yang lebih dari burung yang memiliki kicauan indah ini. Dengan begitu Anda akan sangat untung besar karena cara ternak kacer sangatlah mudah. Bagi Anda yang penasaran dengan cara tersebut ada baiknya menyimak ulasan tersebut berikut ini!

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula paling tepat

Di bawah ini kami akan memberikan ulasan singkat seputar apa saja mengenai cara ternak kacer bagi pemula yang wajib untuk Anda ketahui. Adapun beberapa tips serta cara ternak kacer tersebut diantaranya:

Ketahui Jenis Burung Kacer

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula dengan benar

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan cara ternak kacer bagi pemula ini ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu jenis burung kacer yang bisa Anda ternak nantinya. Kami sarankan untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis dari burung kacer tersebut sehingga Anda bisa sukses dalam cara ternak kacer yang satu ini. Adapun beberapa jenis dari burung kacer tersebut seperti:

  1. Kacer poci, jenis ini merupakan jenis yang berdada putih dan tingkat penyebarannya yang membedakannyta. Jenis burung ini sering ditemukan di wilayah Sumatra dan Kalimantan.
  2. Kacer jawa, sering disebut dengan kacer hitam karena bulunya yang dominan hitam, memiliki suara yang nyarik dan sangat lincah. Jenis ini sangat atraktif dengan kicauan yang sangat merdu.
  3. Kacer Blorok, nah jenis kacer yang satu ini merupakan jenis perkawinan antara kacer poci dan kacer jawa. Jenis ini memiliki kulit bulu kombinasi antara hitam dan putih yang merupakan hasil persilangan antara kacer jawa dan kacer poci.

Siapkan Kandang Untuk Burung Kacer

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula paling tepat

Dengan Anda menyiapkan kandang untuk burung kacer sebelum memulai ternaknya maka hal tersebut sangatlah bagus bagi pemula. Karena kandang merupakan salah satu hal yang penting saat cara ternak kacer. Saat Anda memilih metode kandang tersebut tentunya Anda hanya tinggal pilih, ingin sangkar yang gantung atau sangkar yang kandang berukuran besar. Semua tipe tersebut tergantung Anda karena jika Anda membuat sendiri kandang tersebut tentunya butuh kerja ekstra dan jika Anda membelinya tentunya Anda juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dari dua tipe tersebut tentunya terdapat keuntungan sendiri-sendiri seperti keuntungan sangkar gantung misalnya. Jika Anda menggunakan sangkar gantung maka Anda akan hemat tempat, lebih praktis dan tentunya tidak repot dalam berternak. Dan jika Anda memilih metode sangkar penangkaran tersebut tentunya Anda akan membutuhkan ukuran kandang yang sangat relatif besar. Namun, apapun metode penangkaran tersebut sebaiknya Anda putuskan dengan selera Anda akan menunjang kualitas cara ternak kacer yang sedang Anda jalani.

Memilih Induk Kacer

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula dengan benar

Jika ingin berhasil dalam cara ternak kacer tentunya di dasari dengan memilih indukan kacer yang tepat. Faktor yang mmengharuskan kita untuk memilih induk kacer yang tepat dan sehat tersebut tentunya akan menurunkan atau menghasilkan anak kacer yang juga sehat. Jadi ada baiknya kita lebih selektif lagi dalam memilih indukan tersebut. Dengan memilih induk betina dan jantan yang sudah jinak serta memilih induk yang kondisinya sangat sehat. Baik secara fisik maupun psikologinya. Pilih juga indukan yang sering berkicau agar anaknya suka berkicau juga dan jangan lupa untuk melihat usia burungnya. Usia burung untuk betina sendiri setidaknya 1 tahun dan untuk pejantannya 1,5 tahun agar lebih produktif lagi.

Proses Penjodohan Dan Perkawinan

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula dengan tepat

Setelah melalui dua proses tersebut tentunya saatnya untuk Anda melakukan cara ternak kacer selanjutnya dengan menjodohkan serta mengawinkan burung kacer ini sehingga Anda bisa sukses dalam berternak. Dengan cara Anda mengenalkannya selama 1 hingga 2 minggu menggunakan dua buah sangkar atau kandang bersekat. Lalu masukkan induk betina dahulu supaya tersebiasa dengan kandang baru dan jika burung betina sudah beradaptasi maka masukkan burung jantang bersama sangkarnya dan jangan disatukan terlebih dahulu.

Nah, selama proses penjodohan ini, ada baiknya Anda memberikan cara ternak kacer dengan makanan exstra agar membuat kedua burung tersebut lebih bergairah dan meningkatkan hormonnya juga. Ada juga saat dimana kacer induk akan membutuhkan satu sama lain serta siap untuk memulai proses reproduksi. Selain itu, pemberian exstra makanan tersebut juga berpengaruh untuk telurnya menjadi sehat.

Pemberian Pakan Dan Perawatan

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula paling benar

Cara ternak kacer selanjutnya ini Anda harus memberikan pakan dan juga mengganti air maka sebaiknya Anda lakukan kegiatan tersebut tidak terlalu sering. Karena hal tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan fokus kedua burung terutama pada saat penjodohan supaya perkawinan bisa berlangsung dengan nyaman. Ada baiknya Anda menghindari gangguan constant yang terlalu sering. Pakan harus diberikan secara rutin seperti biasanya, dengan memberikan makanan bervitamin dan juga makanan exstra berupa jangkrik atau kroto sebanyak 5 hingga 10 ekor perhari. Dan untuk cara ternak kacer perawatanya ada baiknya untuk Anda selalu membersihkan kandang secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu. Hal ini juga berlaku dalam memandikan kacer minimal 2 kali dalam seminggu.

Merawat Anak Burung Kacer

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula dengan benar

Jika proses penjodohan dan perkawinan sukses maka cara ternak kacer dari induk betina burung kacer akan bertelur paling tidak 2 atau 3 butir yang akan dierami oleh induk kacer langsung. Proses pengeraman ini tentunya akan berlangsung selama kurang lebih 14 hari dan selama proses tersebut sebaiknya Anda mengurangi gangguan dan biarkan induk betina fokus. Dan biasanya terdapat indukan kacer yang tidak mau mengerami dan malah akan membuang telurnya, hal ini bisa Anda tangani dengan cara ternak kacer dan mengerami telur tersebut dengan menggunakan ingkubator. Dan jika telur sudah menetas maka bisa dirawat oleh induknya maupun Anda. Karena pada umumnya burung bisa diambil setelah berusia 10 hari untuk di loloh menggunakan voer yang diencerkan menggunakan air hangat.

Mensapih Anakan Dari Burung Kacer

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula paling tepat

Nah, setelah Anda merawat atau induk betinanya sendiri yang merawatnya maka cara ternak kacer selanjutnya ini ada baiknya Anda sebelum memisahkan anak dari induknya maka Anda harus mensapihnya terlebih dahulu. Dan waktu yang tepat dalam mensapih atau memisahkan anaknya dari induk burung kacer ini yaitu dengan cara memperhatikan anaknya. Dan jika anak kacer mulai bermain keluar sarang maka hal tersebut merupakan saat yang tepat dalam mensapih anak burung kacer ini.

Dan itulah beberapa cara ternak kacer bagi pemula yang wajib untuk Anda ketahui dan semoga menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin berternak kacer dengan mudah. Terus simak informasi seputar panduan cara ternak lengkap hanya di panduanternak.com

Artikel Terkait dengan 1001 Tips Dan Panduan Cara Ternak Kacer Bagi Pemula