1001 Tips Dan Panduan Cara Ternak Kacer Bagi Pemula

  1. Kacer poci, jenis ini merupakan jenis yang berdada putih dan tingkat penyebarannya yang membedakannyta. Jenis burung ini sering ditemukan di wilayah Sumatra dan Kalimantan.
  2. Kacer jawa, sering disebut dengan kacer hitam karena bulunya yang dominan hitam, memiliki suara yang nyarik dan sangat lincah. Jenis ini sangat atraktif dengan kicauan yang sangat merdu.
  3. Kacer Blorok, nah jenis kacer yang satu ini merupakan jenis perkawinan antara kacer poci dan kacer jawa. Jenis ini memiliki kulit bulu kombinasi antara hitam dan putih yang merupakan hasil persilangan antara kacer jawa dan kacer poci.

Siapkan Kandang Untuk Burung Kacer

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula paling tepat

Dengan Anda menyiapkan kandang untuk burung kacer sebelum memulai ternaknya maka hal tersebut sangatlah bagus bagi pemula. Karena kandang merupakan salah satu hal yang penting saat cara ternak kacer. Saat Anda memilih metode kandang tersebut tentunya Anda hanya tinggal pilih, ingin sangkar yang gantung atau sangkar yang kandang berukuran besar. Semua tipe tersebut tergantung Anda karena jika Anda membuat sendiri kandang tersebut tentunya butuh kerja ekstra dan jika Anda membelinya tentunya Anda juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dari dua tipe tersebut tentunya terdapat keuntungan sendiri-sendiri seperti keuntungan sangkar gantung misalnya. Jika Anda menggunakan sangkar gantung maka Anda akan hemat tempat, lebih praktis dan tentunya tidak repot dalam berternak. Dan jika Anda memilih metode sangkar penangkaran tersebut tentunya Anda akan membutuhkan ukuran kandang yang sangat relatif besar. Namun, apapun metode penangkaran tersebut sebaiknya Anda putuskan dengan selera Anda akan menunjang kualitas cara ternak kacer yang sedang Anda jalani.