1001 Tips Dan Panduan Cara Ternak Kacer Bagi Pemula

Memilih Induk Kacer

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula dengan benar

Jika ingin berhasil dalam cara ternak kacer tentunya di dasari dengan memilih indukan kacer yang tepat. Faktor yang mmengharuskan kita untuk memilih induk kacer yang tepat dan sehat tersebut tentunya akan menurunkan atau menghasilkan anak kacer yang juga sehat. Jadi ada baiknya kita lebih selektif lagi dalam memilih indukan tersebut. Dengan memilih induk betina dan jantan yang sudah jinak serta memilih induk yang kondisinya sangat sehat. Baik secara fisik maupun psikologinya. Pilih juga indukan yang sering berkicau agar anaknya suka berkicau juga dan jangan lupa untuk melihat usia burungnya. Usia burung untuk betina sendiri setidaknya 1 tahun dan untuk pejantannya 1,5 tahun agar lebih produktif lagi.

Proses Penjodohan Dan Perkawinan

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula dengan tepat

Setelah melalui dua proses tersebut tentunya saatnya untuk Anda melakukan cara ternak kacer selanjutnya dengan menjodohkan serta mengawinkan burung kacer ini sehingga Anda bisa sukses dalam berternak. Dengan cara Anda mengenalkannya selama 1 hingga 2 minggu menggunakan dua buah sangkar atau kandang bersekat. Lalu masukkan induk betina dahulu supaya tersebiasa dengan kandang baru dan jika burung betina sudah beradaptasi maka masukkan burung jantang bersama sangkarnya dan jangan disatukan terlebih dahulu.

Nah, selama proses penjodohan ini, ada baiknya Anda memberikan cara ternak kacer dengan makanan exstra agar membuat kedua burung tersebut lebih bergairah dan meningkatkan hormonnya juga. Ada juga saat dimana kacer induk akan membutuhkan satu sama lain serta siap untuk memulai proses reproduksi. Selain itu, pemberian exstra makanan tersebut juga berpengaruh untuk telurnya menjadi sehat.

Pemberian Pakan Dan Perawatan

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula paling benar

Cara ternak kacer selanjutnya ini Anda harus memberikan pakan dan juga mengganti air maka sebaiknya Anda lakukan kegiatan tersebut tidak terlalu sering. Karena hal tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan fokus kedua burung terutama pada saat penjodohan supaya perkawinan bisa berlangsung dengan nyaman. Ada baiknya Anda menghindari gangguan constant yang terlalu sering. Pakan harus diberikan secara rutin seperti biasanya, dengan memberikan makanan bervitamin dan juga makanan exstra berupa jangkrik atau kroto sebanyak 5 hingga 10 ekor perhari. Dan untuk cara ternak kacer perawatanya ada baiknya untuk Anda selalu membersihkan kandang secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu. Hal ini juga berlaku dalam memandikan kacer minimal 2 kali dalam seminggu.

Merawat Anak Burung Kacer

Cara Ternak Kacer Bagi Pemula dengan benar

Jika proses penjodohan dan perkawinan sukses maka cara ternak kacer dari induk betina burung kacer akan bertelur paling tidak 2 atau 3 butir yang akan dierami oleh induk kacer langsung. Proses pengeraman ini tentunya akan berlangsung selama kurang lebih 14 hari dan selama proses tersebut sebaiknya Anda mengurangi gangguan dan biarkan induk betina fokus. Dan biasanya terdapat indukan kacer yang tidak mau mengerami dan malah akan membuang telurnya, hal ini bisa Anda tangani dengan cara ternak kacer dan mengerami telur tersebut dengan menggunakan ingkubator. Dan jika telur sudah menetas maka bisa dirawat oleh induknya maupun Anda. Karena pada umumnya burung bisa diambil setelah berusia 10 hari untuk di loloh menggunakan voer yang diencerkan menggunakan air hangat.