Ini Dia Cara Ternak Kelinci Bagi Pemula Dijamin Berhasil

Memberikan Pakan Yang Terbaik

cara ternak kelinci pedaging

Selain dengan pemilihan bibit dan juga kandang, memberikan pakan menjadi salah satu cara ternak kelinci yang baik yang sangat diperhatikan. Mengapa demikian, hal ini dikarenakan dengan pakan yang bagus dan diberikan dengan teratur tentunya akan membuat pertumbuhan kelinci juga sangat bagus. Apalagi untuk memberikan pakan biasanya dengan memberikan sayuran, rumput hijau, dan juga konsentrat. Akan tetapi, lebih baiknya yang terbaik untuk pemilihan pakan harus lah sesuai dengan jadwal makan atau diartikan dalam satu hari. Kelinci tidak akan makan rumput hijau saja. Melainkan Anda bisa memberikan pakan secara berkala seperti di pagi hari dengan memberikan sayuran hijau. Kemudian jangka waktu beberapa jam Anda bisa memberikan tambahan pakan konsentrat. Serta pada sore hari, Anda bisa memberikan pakan rumput dengan porsi yang lebih banyak. Sebab seperti yang telah diketahui, pada malam hari kelinci sangat aktif. Dan jangan lupa untuk menyiapkan air minum dengan teratur dan usahakan jangan sampai air minum hingga habis.

Pemeliharaan Kelinci Yang Benar

cara ternak kelinci bagi pemula

cara ternak kelinci  di tanah yang selanjutnya yaitu dengan pemeliharaan kelinci yang benar. Pemeliharaan kelinci sangat diperhatikan dalam menunjang berhasilnya usaha. Biasanya pengusaha akan melakukan beberapa hal yang akan membuat ternak kelinci juga tidak akan menghasilkan kelinci yang berkualitas buruk. Sehingga Anda memang harus bisa melakukan beberapa hal ini untuk mendapatkan pemeliharaan yang terbaik untuk kelinci yang akan Anda ternakkan. Lalu apa saja hal-hal tersebut untuk cara ternak kelinci yang terbaik. Adapun ha-hal tersebut diantaranya :

  • Usahakan untuk membersihkan kandang dari sisa makanan dan kotoran dengan teratur bahkan harus dilakukan setiap hari. Serta kandang harus terkena sinar matahari langsung agar kelinci juga semakin sehat.
  • Untuk perawatan anakan kelinci pada masa penyapihan usahakan dengan jangka waktu sekitar 7-8 minggu. Dengan demikian, akan membuat Anda akan berhasil melakukan perawatan anakan.
  • Selanjutnya, usahakan untuk selalu memperhatikan kesehatan kelinci dan juga secara rutin untuk memeriksakan kelinci. Jika terkena penyakit Anda bisa memberikan suplemen yang bisa mengatasi kesehatan kelinci.
  • Usahakan untuk menjaga sanitasi kandang agar selalu kering. Sebab jika kondisi kandang yang lembab akan menyebabkan kelinci akan mudah terserang penyakit.
  • Serta, untuk pemberian pakan haruslah dengan teratur dan dengan beberapa asupan makanan yang telah dijelaskan sebelumnya. Atau dengan memberikan asupan makanan dengan berkala. Dengan demikian, akan membuat cara ternak kelinci bulu karpet juga menghasilkan kelinci yang terbaik.

Kontrol Beberapa Penyakit Yang Menyerang Kelinci

cara ternak kelinci berkualitas

Cara ternak kelinci dan kandangnya yang selanjutnya yaitu dengan mengontrol beberapa penyakit yang menyerang kelinci. Dengan banyaknya cara untuk menernakkan kelinci yang ternyata gampang-gampang susah. Dan juga dengan beberapa hal yang harus diperhatikan. Akan tetapi, kelinci biasanya tetap terserang penyakit. Sehingga dengan begitu, Anda memang harus bisa mengetahui beberapa penyakit yang biasanya menyerang kelinci.  Dimana penyakit yang sering dialami kelinci diantaranya penyakit telinga, pilek, penyakit mata, kudis, bisul, eksim, dan juga penyakit kulit. Dengan banyaknya jenis penyakit yang bisa menyerang kelinci Anda tentunya Anda juga bisa mengobati dengan cepat. Sebab dikhawatirkan jika tidak akan menyebabkan kelinci juga akan menularkan penyakit. Serta ada pula yang perlu diperhatikan yaitu untuk mengobati beberapa penyakit yang sering dialami oleh kelinci sangat disarankan untuk menggunakan obat alami saja.