Menu

Cara Ternak Lele Bagi Pemula

Cara Ternak Lele Bagi Pemula – Lele adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan yang memiliki kulit yang sangat licin ini mudah di temui dimanapun. Tahukah Anda, bila salah satu ikan yang menghuni air tawar ini ternyata mudah sekali untuk di ternak. Ini terbukti banyak orang yang sukses dengan beternak ikan lele.

Banyak orang yang telah memilih ternak ikan lele ini karena cara ternak lele bagi pemula yang sangat mudah. Dalam segi penempatan tempat maupun pakan pun lele sangat mudah. Bahkan, lele saat ini banyak yang telah mencari, apalagi pada rumah makan maupun cafe banyak yang membutuhkan ikan berkumis ini.

Pastinya jika Anda mengetahui jika lele ini banyak yang mencari,  Anda akan tergiur bukan atas usaha ternak lele ini? Karena ternak lele dapat terjamin kesuksesannya bila Anda menekuninya mulai saat ini. Tentunya sebelum menjalani usaha ternak lele. Anda harus mengerti terlebih dahulu cara ternak lele bagi pemula yang ada. Karena dengan beberapa cara ternak lele bagi pemula tersebut, diharapkan bisa menuntun Anda untuk menjalankan usaha ternak lele ini dengan baik lagi. Jika Anda penasaran akan cara tenak lele bagi pemula yang satu ini. Mungkin dapat meluangkan waktu Anda sejenak untuk menyimak artikel berikut ini

Cara Ternak Lele Bagi Pemula

Cara Ternak Lele Bagi Pemula

Dibawah ini kami akan mengulas informasi seputar cara ternak lele bagi pemula yang bisa Anda coba. Adapun beberapa cara ternaknya sebagai berikut ini:

Menyiapkan Sebuah Lahan Yang Tepat

Cara Ternak Lele Bagi Pemula

Tahukah Anda untuk cara ternak lele bagi pemula yang pertama adalah dengan menyiapkan lahan terlebih dahulu. Dengan menyiapkan lahan yang pas sebagai tempat pembudidayaan merupakan hal yang penting. Karena bila Anda tidak menyiapkan lahan terlebih dahulu, bibit-bibit ikan akan di tampung dimana, benara bukan?

Maka dari itu setidaknya sebelum Anda membeli bibit lele yang berkualitas cara ternak lele bagi pemula yang harus dilakukan yaitu menyiapkan tempat budidaya lele yang tepat. Nah, untuk menentukan kolam maupun tempat penampungan lele. Sebagai pemula Anda harus menyesuaikan terlebih dahulu. Adapun beberapa hal yang harus di perhatikan saat menentukan kolam lele :

  • Pastikan Anda untuk memiliki kondisi lingkungan sekitar kolam. Jangan sampai Anda memilih lahan yang dekat dengan lahan tercemar dan sebagainya.
  • Sumber daya di sekitar lahan haruslah memadai. Hal ini dilakukan agar kolam budidaya lele Anda agar tetap aman dan tidak ada kemungkinan pencurian nanti.
  • Modal juga harus diperhatikan dengan benar. Bila Anda hanya memiliki harta berlebih bisa menggunakan lahan yang cukup besar. Namun, jika uang yang Anda miliki tidak memadai bisa menggunakan lahan yang sedang atau pekarangan rumah saja.

Memilih Benih Ikan Lele Yang Berkualitas

Cara Ternak Lele Bagi Pemula

Untuk cara ternak lele bagi pemula yang selanjutnya adalah memilih benih yang berkualitas. Hal ini dilakukan agar saat panen tiba, Anda memiliki lele yang berkualitas dan tak berpenyakit. Dengan begitu keuntungan yang Anda dapatkan akan banyak. Dan kerugian pun dapat dihindari dari hasil lele yang berkualitas tersebut.

Nah, dalam memilih benih ikan lele yang berkualitas. Pastikan Anda memilih bibit lele ikan sangkuriang saja. Karena telah banyak pengusaha ternak lele yang sukses dengan menggunakan bibit ikan lele sangkuriang ini. Mereka sukses tentunya karena bibit yang dipilih memiliki kualitas yang terbaik. Jadi, baik Anda yang pemula bisa memilih bibit yang sama untuk jenis tersebut.

Selain memilih benih bibit yang unggul, Anda juga perlu memperhatikan terlebih dahulu ciri-ciri dari bibit lele yang unggul. Berikut ini adapun ciri-ciri bibit yang unggul

  • Lele yang berkualiats biasanya memiliki tubuh tang sangat licin. Dan warna tubuhnya sedikit mengkilap.
  • Anda juga harus memastikan jika bibit lele tersebut tidak memiliki cacat sepenuhnya di tubuh.
  • Pastikan pula bibit yang Anda pilih tidak memiliki penyakit sama sekali.
  • Saat berenang pastikan juga bibit lele ini memiliki gaya normal yang lincah
  • Dan yang terakhir, Anda bisa menggunakan bibit lele yang memiliki ukuran 5 – 7 cm saja.

Memilih Pakan Yang Berkualitas

Cara Ternak Lele Bagi Pemula

Tentunya untuk cara ternak lele bagi pemula yang bisa Anda coba selanjutnya adalah memilih pakan yang berkualitas. Dengan makanan yang berkualitas ini tentunya akan menghasilkan lele yang berkualitas pula. Jadi Anda yang sembarangan untuk memilih pakan untuk lele. Pastikan Anda memilih pakan dengan berkualitas dan memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak.  Misalnya saja kandungan nutrisi lemak, karbohidrat dan vitamin.

Nah,untuk menghasilkan lele yang berkualitas, untuk cara ternak lele bagi pemula ini. pastikan Anda memberi pakan seperti halnya, tahu, limbah ayam hingga keong mas. Dengan memberikan pakan  seperti itu, Anda bisa mendapatkan lele yang berkualitas. Dan dapat di pastikan ketika panen, keuntungan Anda akan melimpah.

Melakukan Perawatan Dengan Benar Dan Tepat

Cara Ternak Lele Bagi Pemula

Cara ternak lele bagi pemula selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan yang sangat benar. Jadi dalam beternak lele, Anda juga harus memastikan untuk telah merawat dengan benar. Dengan begitu, ikan lele yang Anda ternak tak akan terkena penyakit dan sebagainya. Nah, bila Anda bingung akan cara ternak lele bagi pemula dalam segi perawatan. Berikut ini ada beberapa cara perawatan diantaranya adalah :

  • Untuk cara yang pertama pastikan Anda bisa menyingkirkan makanan yang tersisa dari dasar kolam. Hal ini dilakukan agar kolam dalam keadaan bersih dan terhindar dari penyakit yang ada
  • Bila ada endapan lumpur pada kolam. Pastikan Anda menyingkirkan dengan segera atau bisa saja Anda terancam gagal panen akan hal tersebut.
  • Ternyata membuang sepertiga air dari kolam juga dapat mengatasi agar lele tak mudah terkena penyakit.

Melindungi Lele Dari Hama Penyakit Yang Ada

Cara Ternak Lele Bagi Pemula

Cara ternak lele bagi pemula yang selanjutnya adalah melindungi lele dari hama. Untuk cara ternak lele bagi pemula yang satu ini Anda harus menghindari dari berbagai predator yang ada, seperti halnya ulas, kucing, musang dan sebagainya. Dengan melindungi lele ini, ternak Anda akan aman terhadap hama tersebut.

Tips Ternak Lele Bagi Pemula

Cara Ternak Lele Bagi Pemula

Tahukah Anda, untuk beternak lele ternyata terdapat 2 segmen. Yaitu segmen pembenihan dan segmen pembesaran. Kedua segmen tersebut tentunya memiliki cara ternak lele bagi pemula yang sangat berbeda.  Untuk pembenihan sendiri terkadang hanya menghasilkan benih-benih ikan lele yang berkualitas tentunya.

Sedangkan untuk pembesaran, Anda harus menghasilkan ikan lele yang berkualitas baik untuk digunakan sebagai indukan bibit ataukah digunakan sebagai konsumsi. Nah, karena Anda ingin menjalankan cara ternak lele bagi pemula. Tentunya Anda harus berada di segmen pembudidaya pembesaran. Dengan begitu, Anda akan menghasilkan lele keuntungan yang lebih banyak lagi.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara ternak lele bagi pemula yang bisa Anda ketahui. Dengan adanya cara ternak lele tersebut dapat di pastikan Anda bisa merintis usaha hingga sukses. Tentunya selain memahami beberapa cara ternak di atas, Anda juga perlu berdoa dan terus berusaha. Semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna untuk Anda semua. Terus simak informasi seputar panduan cara ternak lengkap hanya di panduanternak.com

Artikel Terkait dengan Cara Ternak Lele Bagi Pemula