Ini Dia Cara Ternak Pleci Yang Bagus Untuk Pemula

Perjodohan Burung Pleci

Cara Ternak Pleci berkualitas

Setelah Anda menyiapkan beberapa cara untuk menernakkan burung pleci, yang selanjutnya untuk cara ternak pleci dada putih yaitu dengan melakukan perjodohan. Perjodohan untuk burung pleci termasuk gampang-gampang susah. Dimana untuk melakukan perjodohan, Anda bisa memasukkan burung pleci jantan dan burung pleci betina di satu sangkar. Setelah itu, biarkan sepasang burung pleci tersebut hingga selama 1-2 minggu. Namun demikian, usahakan Anda tetap mengamati perubahan tingkah laku dan kicauan dari burung jantan. Setelah lama waktu 1-2 minggu, Anda bisa memisahkan kedua burung tersebut dengan menjauhkan burung betina dari burung jantan. Dan lihat apakah burung jantan akan mengalami perubahan dengan membunyikan kicauan burung yang sebelumnya tidak pernah berbunyi seperti itu. Jika iya, berarti burung jantan sedang memanggil burung betina dan perjodohan berhasil. Setelah itu, Anda bisa menyatukan kembali kedua burung tersebut untuk melakukan perjodohan dan menghasilkan telur.

Mencukupi Pakan Dengan Baik

Cara Ternak Pleci terbaik

Cara ternak pleci yang sukses yang selanjutnya yaitu dengan memperhatikan pakan yang akan diberikan pada indukan burung pleci. Dimana jika Anda ingin mendapatkan jenis burung pleci yang terbaik, maka Anda sangat disarankan untuk mencukupi pakan dengan baik. Yang mana dengan memberikan pakan yang berkulitas seperti jangkrik, ulat hongkong, kroto, cacing tanah, atau dengan menambahkan pakan ekstra yang bisa Anda beli. Serta jangan lupa untuk memberikan suplemen tambahan yang bisa Anda campurkan di minuman burung pleci.

Perawatan Burung Pleci Selama Diternakkan

Cara Ternak Pleci master

Cara ternak pleci  lokal yang selanjutnya yaitu dengan melakukan perawataan dengan benar selama burung diternakkan. Seperti yang telah diketahui, bahwa dengan untuk menghasilkan burung pleci yang terbaik maka perawatan yang dilakukan juga haruslah yang terbaik. Sehingga Anda memang harus bisa membiasakan untuk membersihkan sangkar atau kandang dengan baik. Selain itu, Anda juga memperhatikan kesehatan indukan burung pleci. Jika mengalami gejala yang mengkhawatirkan maka Anda bisa memeriksakannya ke dokter hewan. Sebab untuk cara ternak pleci bali ini termasuk burung yang gampang-gampang susah. Apalagi burung ini juga termasuk burung yang banyak sekali peminatnya.  Dengan melakukan cara ini juga bisa menjaga kesehatan burung pleci yang Anda ternakkan dengan baik.

Merawat Anakan Burung Pleci

Cara Ternak Pleci yang tepat

Dengan Anda merawat dengan baik untuk mendapatkan anakan yang terbaik untuk cara ternak pleci buat pemula. Maka induk burung betina bisa bertelur setelah mengeram dengan waktu sekitar 1-2 minggu. Dimana saat masa pengeraman Anda harus lebih berhati-hati untuk menjaga kebersihan induk dan tempat bertelurnya. Selain itu, Anda juga tidak boleh terlalu dekat ketika mengamati indukan yang sedang mengeram. Biarkan induk burung pleci betina merasa tenang ketika masa pengeraman. Maka tentunya akan menghasilkan anakan burung yang terbaik. Serta, usahakan untuk menaruh sangkar burung pleci dijauhkan dari predator seperti kucing, tikus, dan juga hewan yang lainnya. Sebab jika terlalu rentan terkena bahaya maka akan membuat induk akan kaget dan proses pengeraman tidak berhasil.

One thought on “Ini Dia Cara Ternak Pleci Yang Bagus Untuk Pemula

Comments are closed.