Ini Dia Cara Ternak Pleci Yang Bagus Untuk Pemula

  • Cara ternak pleci bustomi yang pertama yaitu Usahakan untuk memilih indukan jantan dan betina yang tidak cacat, baik bulunya, maupun cacat fisik.
  • Usahakan untuk memilih indukan jantan dan betina yang berasal dari spesies yang sama atau sub spesies yang sama.
  • Dan, untuk memilih burung jantan minimal dengan usia 1 tahun dan betina dengan usia 1,5 tahun.
  • Serta, cara ternak pleci berkoloni yang terakhir yaitu induk jantan sudah berbunyi dan sudah bisa membuka paruh dengan baik.

Menyiapkan Kandang Dan Sangkar

Cara Ternak Pleci terbaik

Cara ternak pleci  montanus yang selanjutnya yaitu dengan menyiapkan kandang dan sangkar. Kandang menjadi salah satu tempat tinggal untuk Anda menernakkan burung pleci. Dimana kandang untuk burung pleci terbagi menjadi dua macam yaitu kandang sangkar atau kandang soliteri. Yang mana untuk kandang sangkar hanya di isi dengan sepasang burung pleci yang akan dijodohkan, dan tempat sangkar usahakan untuk lebih besar. Sedangkan untuk kandang soliteri merupakan kandang yang sangat luas yang cukup untuk menampung burung pleci dengan jumlah yang banyak. Serta membuat kandang seakan-akan seperti hidup di alam bebas. Sehingga dengan adanya dua macam kandang tersebut, Anda bisa menggunakan kandang jenis apapun sesuai dengan tempat luas atau tidaknya ternak burung pleci yang akan dilaksanakan.

Perjodohan Burung Pleci

Cara Ternak Pleci berkualitas

Setelah Anda menyiapkan beberapa cara untuk menernakkan burung pleci, yang selanjutnya untuk cara ternak pleci dada putih yaitu dengan melakukan perjodohan. Perjodohan untuk burung pleci termasuk gampang-gampang susah. Dimana untuk melakukan perjodohan, Anda bisa memasukkan burung pleci jantan dan burung pleci betina di satu sangkar. Setelah itu, biarkan sepasang burung pleci tersebut hingga selama 1-2 minggu. Namun demikian, usahakan Anda tetap mengamati perubahan tingkah laku dan kicauan dari burung jantan. Setelah lama waktu 1-2 minggu, Anda bisa memisahkan kedua burung tersebut dengan menjauhkan burung betina dari burung jantan. Dan lihat apakah burung jantan akan mengalami perubahan dengan membunyikan kicauan burung yang sebelumnya tidak pernah berbunyi seperti itu. Jika iya, berarti burung jantan sedang memanggil burung betina dan perjodohan berhasil. Setelah itu, Anda bisa menyatukan kembali kedua burung tersebut untuk melakukan perjodohan dan menghasilkan telur.

One thought on “Ini Dia Cara Ternak Pleci Yang Bagus Untuk Pemula

Comments are closed.