Cara Ternak Puyuh Yang Sukses

Cara ternak puyuh – Bagi masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini. burung puyuh menjadi burung yang banyak dimanfaatkan oleh kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan burung puyuh juga memiliki daging yang lezat dan telur yang enak dikonsumsi. Sehingga tak jarang banyak sekali para pengusaha yang ingin mencoba ternak puyuh ini.

Apalagi, ternak burung puyuh ini juga termasuk ternak yang memiliki prospek yang bagus. Sehingga membuat Anda juga akan sangat bagus untuk menernakkannya. Akan tetapi, demikian Anda juga harus mengetahui Cara ternak puyuh dengan benar dan sukses untuk menghasilkan burung puyuh yang berkualitas bagus. Nah, untuk itulah disini kami akan membahas lebih lanjut mengenai cara ternak puyuh agar cepat panen, selengkapnya simak ulasan singkat di bawah ini!

Cara Ternak Puyuh

Cara ternak puyuh bagi pemula

Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai cara ternak puyuh dengan benar yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Penyiapan Bibit Puyuh Unggulan

Cara ternak puyuh bagi pemula yang mudah

Cara ternak puyuh sukses puyuh yang pertama yaitu dengan penyiapan bibit puyuh unggulan. Untuk menernakkan burung puyuh tentunya hal yang paling diperhatikan yaitu pemilihan bibit. Hal ini dikarenakan, bibit yang bagus tentunya juga akan menghasilkan anakan dan telur yang berkualitas. Sehingga Anda memang harus bisa memilih bibit puyuh yang terbaik. Untuk memilih bibit puyuh yang unggulan ada beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan. Adapun beberapa kriteria tersebut diantaranya:

  • Bagi Anda yang ingin memproduksi daging puyuh, dengan cara ternak puyuh anakan. pemilihan bibit dengan menggunakan puyuh jantan dan puyuh petelur afrikan yang berkualitas bagus.
  • Jika untuk produksi telur, pilihlah bibit puyuh jenis ketam betina yang sehat dan tidak terserang penyakit.
  • Dan, jika akan melakukan produksi pembibitan dan produksi telur tetas. Usahakan Anda memilih bibit puyuh betina yang baik produksi telurnya. Dan jantan yang sehat dan siap membuahi puyuh betina. Sehingga akan menghasilkan telur yang menetas dengan bagus dan berkualitas tinggi. Dengan begitu, cara ternak puyuh petelur akan berhasil.

Persiapan Kandang Puyuh

Cara ternak puyuh dengan tepat

Cara ternak puyuh untuk pemula yang selanjutnya yaitu dengan persiapan kandang puyuh. Kandang menjadi salah satu bagian terpenting setelah melakukan pemilihan bibit yang terbaik. Hal ini dikarenakan kandang juga harus sesuai dengan bibit yang akan diproduksi. Sebab jika tidak sesuai tentunya akan membuat burung puyuh yang diternakkan juga tidak akan berkualitas bagus. Biasanya ada dua model kandang puyuh yang banyak digunakan oleh para peternak puyuh. Yang pertama yaitu dengan sistem litter  dan sistem sangkar. Dimana ukuran kandang sekitar 1 m2 dapat disi 90-100 ekor anak puyuh. Dan 60 ekor untuk umur 10 hari sampai lepas anakan dan 40 ekor/m2 sampai masa bertelur. Hanya saja, Anda memang harus bisa mempersiapkan tempat makan, tempat minum, tempat telur dan juga tempat obat-obatan. Dengan mempersiapkan hal-hal tersebut, Anda sudah bisa menentukan kriteria kandang yang akan digunakan. berikut ini ada beberapa kriteria kandang untuk bibit yang akan diternakkan. Adapun  kriteria kandang tersebut diantaranya:

1. Kandang Untuk Induk Pembibitan

Kandang menjadi salah satu peran penting yang harus disiapkan untuk cara ternak puyuh yang bagus. Salah satunya yaitu kandang untuk induk pembibitan ini. Biasanya kandang  yang digunakan harus sesuai dengan burung yang akan dipelihara. Sehingga jika burung puyuh yang akan diternakkan dalam jumlah banyak. Maka ukuran kendang haruslah lebar dan juga besar. Biasanya satu ekor puyuh dewasa membutuhkan luas kandang 200 m2.

2. Kandang Untuk Induk Petelur

Cara ternak puyuh agar bertelur banyak dengan pemilihan Kandang yang selanjutnya yaitu kandang untuk induk petelur. Dimana  biasanya kandang ini sama dengan kandang yang digunakan untuk pembibitan. Akan tetapi, untuk induk petelur harus disiapkan beberapa tempat untuk tempat untuk bertelur.

3. Kandang Untuk Anak Puyuh

Setelah proses penetasan telur, cara ternak puyuh pedaging kandang untuk anak puyuh juga tidak boleh dicampurkan dengan kandang yang sebelumnya. Biasanya untuk kandang yang akan digunakan yaitu dengan di lengkapi dengan pemanas. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga agar anak puyuh terjaga dengan baik. Serta ukuran yang sering digunakan adalah lebar 100 cm, panjang 100 cm, tinggi 40 cm, dan tinggi kaki 50 cm. Dan ukuran kandang tersebut cukup untuk memuat anakan puyuh sekitar 90-100 ekor.

4. Kandang Untuk Puyuh Umur Grower Dan Layer

Cara ternak puyuh yang baik dan benar Untuk kandang puyuh umur grower dan layer, biasanya kandang yang digunakan yaitu sama dengan menggunakan kandang untuk induk petelur. Akan tetapi, biasanya alasnya dengan menggunakan kawat ram.