Cara Ternak Puyuh Yang Sukses

Pakan Untuk Ternak Puyuh

Cara ternak puyuh yang tepat

Pakan menjadi salah satu hal yang paling penting untuk beternak hewan apapun. Tak terkecuali juga cara ternak puyuh rumahan. Sehingga memang Anda sangat disarankan untuk memperhatikan pakan yang akan diberikan pada ternak puyuh Anda. Biasanya makanan yang digunakan juga berupa berbagai bentuk palet, remah-remah dan juga tepung. Serta untuk pemberian makan juga harus diperhatikan. Untuk puyuh anakan usahakan untuk memberikan pakan 2 kali dalam sehari yaitu dua kali dalam sehari. Dan untuk puyuh remaja hanya diberikan ransum satu kali dalam sehari yaitu di pagi hari saja. Sedangkan untuk pemberian minum pada anak puyuh ada bibitan atau indukan Anda harus bisa selalu menyediakan tempat minum kandang. Dan usahakan untuk selalu memperhatikan minum yang akan diberikan. Sebab biasanya puyuh bibitan harus dibiasakan untuk minum secara terus-menerus.

Pemeliharaan Puyuh

Cara ternak puyuh dengan benar

Selain dengan memperhatikan pemberian pakan, pemeliharaan puyuh juga menjadi salah satu cara ternak puyuh modal kecil yang wajib diperhatikan. Hal ini dilakukan bertujuan agar puyuh Anda juga akan terhindar dari berbagai penyakit dan bisa hidup sehat. sehingga akan menghasilkan puyuh yang berkualitas baik dan bagus. Biasanya untuk pemeliharaan puyuh hal yang penting dilakukan yaitu kebersihan kandang. Kebersihan juga menjadi salah satu pemeliharaan yang penting dilakukan sebab jika kandang tidak dibersihkan dengan teratur. Tentunya akan berakibat pada burung puyuh akan mengalami gangguan penyakit. Sehingga dengan selalu membersihkan kandang Anda sudah melakukan pencegahan preventif dengan tepat. Selain itu, Anda juga harus rutin memberikan vaksinasi untuk puyuh Anda. Biasanya vaksinasi dilakukan pada umur 4-7 hari. Vaksin yang dapat digunakan juga bisa diberikan melalui tetes mata atau dengan air minum yang di berikan pada puyuh. Serta, pemeliharaan yang selanjutnya yaitu Anda harus bisa mengontrol penyakit dari burung puyuh Anda. Jika menunjukkan atau tanda-tanda yang beda dari biasanya, Anda bisa memeriksakan ke dokter hewan setempat atau dinas peternakan yang ada di daerah Anda. Maka cara ternak puyuh petelur dan pedaging akan sukses.

Masa Pemanenan Puyuh

Cara ternak puyuh yang mudah

Cara ternak puyuh lengkap yang terakhir yaitu masa pemanenan puyuh. Bagi pengusaha ternak hewan apapun tentunya sangat suka jika telah memasuki pemanenan. Apalagi rata-rata burung puyuh juga termasuk burung yang memiliki harga yang tetap stabil. Sehingga pemanenan untuk ternak burung puyuh ini juga bervariatif yaitu pemanenan utama dengan menghasilkan telur yang tentunya sangat banyak, dan daging yang bisa dijual, dan tinja yang banyak digunakan untuk pupuk kandang, serta bulu puyuh yang banyak digunakan untuk kerajinan tangan. Sehingga dengan semua bagian tubuh puyuh yang bisa dijual, tentunya Anda juga sangat ingin sekali melakukan ternak ini bukan. Jadi Anda bisa mencobanya sekarang, tunggu apalagi.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai cara ternak puyuh sederhana yang bisa Anda lakukan. Dengan melakukannya, tentunya Anda akan mendapatkan puyuh yang baik dan juga memiliki kualitas yang terbaik. Terus simak informasi seputar panduan cara ternak lengkap hanya di panduanternak.com