Menu

Ini Dia Tips Dan Cara Ternak Sapi Yang Tepat Bagi Pemula

Cara Ternak Sapi – Sapi merupakan salah satu binatang mamalia yang memiliki  manfaat yang sangat banyak. Tak ayal bila binatang mamalia yang satu ini sangat banyak yang menternaknya. Bahkan tak tanggung-tanggung para peternaknya pun memiliki keuntungan yang sangatlah banyak. Dari mulai daging, kulit, susu dan yang lainnya sangatlah berguna. Maka tak heran bila banyak peternak binatang mamalia yang satu ini bukan?

Karena banyaknya para peternak sapi yang sukses. Lalu, apakah Anda juga berminat untuk menjalankan usaha ternak dan ingin  mengerti bagaimana cara ternak sapi yang benar? Jika Anda penasaran akan cara ternak sapi potong yang satu ini, yuk simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini!

Cara Ternak Sapi Yang Baik

Di bawah ini kami akan mengulas  informasi seputar cara ternak sapi modern yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa tips dan cara ternak sapi jantan sebagai berikut ini :

Memilih Bakalan Yang Berkualitas Dan Tentunya Unggulan

cara ternak sapi daging

Salah satu cara ternak sapi betina yang pertama adalah tentunya Anda bisa memiliki bakalan yang berkualitas. Memiliki sapi yang berkualitas tentu menjadi modal utama untuk melakukan usaha ternak yang satu ini. Sapi berkualitas dan unggulan pun akan menjadi penentu usaha di masa depan tentunya karena hanya menawarkan sapi dengan kualitas yang sangat unggul.

Cara ternak sapi yang satu ini, memanglah harus diperhatikan dengan benar. Hal ini dikarenakan sapi yang berkualitas akan membuat Anda mendapatkan banyak sekali keuntungan. Maka sangat di sarankan bila Anda harus menggunakan sapi yang berkualitas dan unggulan pastinya. Untuk mendapatkan sapi yang berkualitas tentunya terdapat beberapa kriteria sendiri. Adapun beberapa kriteria dari sapi yang berkualitas dan unggulan sebagai berikut ini:

  • Pastikan Anda memilih sapi jantan maupun betina yang setidaknya memiliki umur yang cukup. Untuk umur yang ideal adalah sapi biasanya mencapai 2 – 2,5 tahun.
  • Baik sapi jantan maupun betina tentunya memiliki tubuh yang sangat panjang, lebar dan bulat setidaknya memiliki tinggi 170 cm.
  • Pastikan juga memiliki tubuh yang tidak terlalu kurus, bahkan pilihlah sapi dengan tulang yang menonjol
  • Periksalah sapi tersebut memiliki penyakit ataukah tidak. Bila tidak terjangkit dapat dipastikan sapi tersebut memiliki daya tubuh yang sehat.
  • Sapi jantan maupun betina pastikan memiliki bulu yang halus. Tak hanya itu pastikan juga sapi yang Anda pilih memiliki mata yang sangat jernih.
  • Pastikan untuk sapi betina maupun jantan sudah bersahabat dengan manusia.
  • Sapi jantan maupun betina tidak memiliki kecacatan apapun, tentunya haruslah sempurna.

Menentukan Kandang Yang Tepat

cara ternak sapi limosin

Dalam cara ternak sapi anakan yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah menentukan kandang. Dalam menentukan kandang bagi sapi tentunya sangatlah mudah. Anda tinggal memilih tipe kandang individu dan kelompok. Pastikan terlebih dahulu apakah peternakan yang satu ini benar-benar cocok dengan lahan yang bisa Anda gunakan. Dengan memilih kandang yang tepat dapat dipastikan usaha Anda pun akan berjalan dengan baik tentunya.

Untuk tipe kandang individu pastinya dalam satu kandang, para sapi akan menempati kandangnya sendiri. Tentunya untuk hal yang satu ini sangat menguntungkan bagi sapi karena akan memacu pertumbuhan semakin pesat. Tak hanya itu sapi juga tak memiliki persaingan bila mencari pakan. Untuk kondisi yang satu ini menjadikan sapi hidup dengan nyaman dan aman. Sehingga perkembangbiakkannya akan semakin baik.

Sementara untuk tipe kandang kelompok tentunya dalam satu kandang akan di  tempati beberapa sapi. Namun, kandang tentunya akan lebih luas. Sehingga muat untuk di masuki beberapa ekor sapi yang telah dewasa. Dalam kandang kelompok untuk soal makan biasanya mereka akan saling berebutan, terdapat salah satu sapi yang akan mendominasi. Hal ini yang kadang menyebabkan jika salah satu sapi lebih besar dai pada sapi yang lainnya dalam satu kandang.

Sehingga sangat disarankan untuk Anda mencoba tipe kandang individu karena lebih menguntungkan. Namun dalam penggunaan kadang individu ini, Anda harus memiliki lahan yang begitu luas bila ingin menternak sapi lebih banyak lagi tentunya. Cara ternak sapi dalam kandang ini memang harus benar-benar di perhatikan dengan baik. bila Anda ingin mencapai keuntungan yang sangat besar dalam berbisnis.

Pemilihan Pakan Yang  Paling Tepat

cara ternak sapi bagi pemula

Tahukah Anda jika salah satu cara ternak sapi agar cepat gemuk yang harus di perhatikan selanjutnya adalah pakan yang paling tepat. Untuk mendapatkan sapi unggul, sehat, gemuk dan berkualitas tentunya di perlukan pakan yang berkualitas juga. Hal ini di lakukan agar sapi yang Anda ternak memiliki tubuh yang sehat dan ketika di perjual belikan memiliki kualitas yang sangat baik.

Dalam memilih pakan sapi sendiri sangatlah mudah. Anda tinggal memberinya pakan hijauan dan konsentrat, mengapa demikian? Ini dikarenakan bila hanya di berikan pakan hijauan saja proses penggemukan dari sapi akan relatif lama. Nah, agar proses penggemukan tak berlangsung lama Anda setidaknya dapat menambahkan berbagai makanan konsentrat. Pakan yang kaya akan konsentrat seperti halnya ampas tahui, biji kedelai, bekatul, dan sebagainya.

Untuk pemberian pakan sendiri sangatlah mudah. Bagi Anda yang pemula cukup memberikan pakan konsentrat terlebih dahulu setelahnya Anda dapat memberikan hijauan pada sapi. Bila Anda benar-benar melakukan cara ternak sapi biar cepat besar yang satu ini. Dapat dipastikan Anda bisa memiliki sapi-sapi yang gemuk dengan cara yang satu ini.

Melakukan Perawatan Kandang Dan Sapi

cara ternak sapi yang tepat

Salah satu cara ternak sapi agar cepat besar selanjutnya adalah melakukan perawatan kandang dan sapi. Untuk cara ternak sapi yang satu ini harus benar-benar di perhatikan. Perawatan kandang dapat dilakukan seperti halnya membersihkan kandang hingga bersih dan membuang kotoran yang ada baik sisa pakan sendiri dan kotoran pun harus diperhatikan. Hal yang satu ini tentunya dapat mengurangi sapi dari virus dan penyakit yang menyerang tentunya.

Selain membersihkan kandang sangat di sarankan Anda  bisa membersihkan tempat pakan dan minum dari sapi sendiri. Seperti halnya dengan kandang, hal ini dilakukan agar terhindari virus maupun bakteri bercampur dengan pakannya. Maka dari itu sangat di sarankan untuk Anda untuk melakukan cara ternak sapi bagi pemula yang satu ini. Bahkan ini berlaku juga pada sapi yang Anda ternak. Karena Anda harus  lebih sering memandikan sapi agar memang terhindar dari berbagai penyakit yang ada.

Memberikan Vaksinasi Pada Sapi Secara Rutin

cara ternak sapi penggemukan

Tentunya memberikan vaksinasi menjadi salah satu cara ternak sapi biar cepat gemuk yang juga harus di perhatikan. Dalam pemberian vaksin kepada sapi ini untuk menghindari beberapa penyakit sapi. Secara tidak langsung pun pemberian vaksin membuat sapi semakin kebal daya tahan tubuhnya. Penyakit-penyakit sapi yang biasa mudah menyerang seperti halnya cacingan, kembung, penyakit mulut dan sebagainya.

Jika vaksin ini dilakukan secara rutin, maka akan  menghasilkan sapi sapi yang berkualitas serta  unggul. Tentunya ini akan membuat keuntungan dari penjualan sapi meningkat, bila hal yang satu ini maka usaha Anda akan sukses.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara ternak sapi agar cepat beranak yang bisa Anda ketahui. Dengan adanya beberapa cara ternak sapi agar gemuk di atas ini pastinya dapat membantu Anda agar sukses menjalani usaha yang satu ini. Tentunya meskipun terdapat beberapa cara ternak sapi alami yang di jamin sukses ini, sangat disarankan untuk Anda tetap berusaha keras dan berdoa. Semoga artikel di atas ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terus simak informasi seputar panduan cara ternak lengkap hanya di panduanternak.com

Artikel Terkait dengan Ini Dia Tips Dan Cara Ternak Sapi Yang Tepat Bagi Pemula