Ini Dia Tips Dan Cara Ternak Sapi Yang Tepat Bagi Pemula

  • Pastikan Anda memilih sapi jantan maupun betina yang setidaknya memiliki umur yang cukup. Untuk umur yang ideal adalah sapi biasanya mencapai 2 – 2,5 tahun.
  • Baik sapi jantan maupun betina tentunya memiliki tubuh yang sangat panjang, lebar dan bulat setidaknya memiliki tinggi 170 cm.
  • Pastikan juga memiliki tubuh yang tidak terlalu kurus, bahkan pilihlah sapi dengan tulang yang menonjol
  • Periksalah sapi tersebut memiliki penyakit ataukah tidak. Bila tidak terjangkit dapat dipastikan sapi tersebut memiliki daya tubuh yang sehat.
  • Sapi jantan maupun betina pastikan memiliki bulu yang halus. Tak hanya itu pastikan juga sapi yang Anda pilih memiliki mata yang sangat jernih.
  • Pastikan untuk sapi betina maupun jantan sudah bersahabat dengan manusia.
  • Sapi jantan maupun betina tidak memiliki kecacatan apapun, tentunya haruslah sempurna.

Menentukan Kandang Yang Tepat

cara ternak sapi limosin

Dalam cara ternak sapi anakan yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah menentukan kandang. Dalam menentukan kandang bagi sapi tentunya sangatlah mudah. Anda tinggal memilih tipe kandang individu dan kelompok. Pastikan terlebih dahulu apakah peternakan yang satu ini benar-benar cocok dengan lahan yang bisa Anda gunakan. Dengan memilih kandang yang tepat dapat dipastikan usaha Anda pun akan berjalan dengan baik tentunya.

Untuk tipe kandang individu pastinya dalam satu kandang, para sapi akan menempati kandangnya sendiri. Tentunya untuk hal yang satu ini sangat menguntungkan bagi sapi karena akan memacu pertumbuhan semakin pesat. Tak hanya itu sapi juga tak memiliki persaingan bila mencari pakan. Untuk kondisi yang satu ini menjadikan sapi hidup dengan nyaman dan aman. Sehingga perkembangbiakkannya akan semakin baik.

Sementara untuk tipe kandang kelompok tentunya dalam satu kandang akan di  tempati beberapa sapi. Namun, kandang tentunya akan lebih luas. Sehingga muat untuk di masuki beberapa ekor sapi yang telah dewasa. Dalam kandang kelompok untuk soal makan biasanya mereka akan saling berebutan, terdapat salah satu sapi yang akan mendominasi. Hal ini yang kadang menyebabkan jika salah satu sapi lebih besar dai pada sapi yang lainnya dalam satu kandang.

Sehingga sangat disarankan untuk Anda mencoba tipe kandang individu karena lebih menguntungkan. Namun dalam penggunaan kadang individu ini, Anda harus memiliki lahan yang begitu luas bila ingin menternak sapi lebih banyak lagi tentunya. Cara ternak sapi dalam kandang ini memang harus benar-benar di perhatikan dengan baik. bila Anda ingin mencapai keuntungan yang sangat besar dalam berbisnis.