Menu

Panduan dan Cara Ternak Ular Piton Supaya Cepat Besar

Cara Ternak Ular Piton – Ular piton menjadi salah satu hewan melata yang menjadi favorit masyarakat untuk di jadikan binatang peliharaan. Hal yang satu ini tentu sangat wajar karena ulat piton tak begitu berbahaya dan tak memiliki bisa. Sehingga sangat aman bila digunakan untuk hewan peliharaan. Ular piton memang banyak sekali jenis dan motif sisiknya yang karena dan unik. Karena itulah membuat harga dari ulat piton relatif tinggi.

Tentu bagi Anda yang ingin memperoleh keuntungan dari ular piton, bisa membuka sebuah ternak. Dengan melakukan ternak ular piton ini dipastikan Anda memiliki keuntungan yang sangat banyak. Lalu, bagaimana sih cara ternak ular piton yang benar? Jika Anda penasaran akan cara ternak ular piton bagi pemula yang satu ini, yuk simak informasi selengkapnya pada artikel berikut!

Cara Ternak Ular Piton Untuk Pemula

Cara Ternak Ular Piton dengan benar

Di bawah ini kami akan mengulas informasi seputar cara ternak ular piton sanca yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa cara ternak ular piton cepat besar sebagai berikut ini :

Memilih Bibit Atau Indukan Yang Tepat Untuk Bertelur

Cara Ternak Ular Piton yang sukses

Cara ternak ular piton yang tepat tentunya harus memiliki indukan yang berkualitas. Dengan indukan jantan dan betina yang berkualitas, dapat dipastikan anakan ular piton yang dihasilkan nanti juga seperti indukannya. Indukan yang berkualitas bisa Anda dapatkan pada peternakan yang telah sukses. Terdapat berbagai jenis ular piton yang di ternak di sana. Ada dapat memilih mulai dari ular sanca, ular kumbang dan sebagainya. Pastikan untuk memilih ternak ular piton yang memiliki permintaan pasar paling tinggi. Baru, bila Anda telah mengetahui jenis ular piton apa yang di budidayakan bisa dilanjutkan dengan pemilihan indukan yang berkualitas.

Untuk cara ternak ular piton paling mudah dalam pemilihan indukan yang berkualitas ini terdapat kriterianya sendiri. Baik itu ular piton jantan maupun betina memiliki kriteria yang sama. Adapun beberapa cara mengetahui ular piton yang berkualitas sebagai berikut ini ;

  • Ular piton baik jantan dan betina harus memiliki kualitas yang baik dan dalam kendaraan sempurna. Dalam artian, ular piton harus dalam keadaan tidak ada kecacatan amupun sakit.
  • Ular yang menjadi indukan harus keturunan asli tidak ada campuran dari ras ular yang berbeda.
  • Pastikan juga Anda bisa memilih baik ular piton jantan maupun betina memiliki motif yang apik dan keren.
  • Kedua ular piton harus memiliki umur yang pas dan dalam masa produktivitas.
  • Pastikan untuk indukan betina memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan ular piton yang jantan. Hal ini agar anakan maupun telur yang dihasilkan semakin banyak.
  • Pastikan juga sebelum masa perkawinan ular piton telah berhibernasi.

Menyiapkan Kandang Yang Tepat

Cara Ternak Ular Piton putih

Kandang dalam perternakan juga sangat diperlukan. Apalagi mengingat yang akan Anda ternakkan adalah hewan melata seperti ular piton ini. Untuk cara ternak ular piton agar sukses yang satu ini, Anda bisa membuat kandang dengan ukuran yang besar maupun sedang. Bahan yang dapat digunakan sebagai kandang untuk ular piton adalah sebuah kaca yang kuat dan tebal.

Ketika kandang telah berhasil di buat, letakkan ular  piton di kandang  tersebut. Untuk kesan kandang seperti halnya di habitat aslinya, Anda bisa menambahkan sebuah ranting agar ular dapat merambat. Baru Anda bisa juga menambahkan sedikit air pada kandang karena, ular suka dengan suhu yang lembab. Cara ternak ular piton mudah yang satu ini akan membuat ular tak mudah stres dan kemudian mati.

Melakukan Proses Perkawinan

Cara Ternak Ular Piton bagi pemula

Langkah selanjutnya untuk cara ternak ular piton yang mudah yang itu melakukan proses perkawinan. Dalam masa perkawinan, ular piton baik jantan maupun betina akan menjalani puasa. Sehingga untuk pemberian pakan sendiri bagi ular ini, Anda bisa memberikannya sesekali saja. Bagi ular saat melakukan proses perkawinan ini tidak perlu dibantu. Cukup meletakkannya pada kandang yang sama dengan pasangannya sudah cukup. Anda tinggal menunggu beberapa hari hingga indukan betina memiliki ciri-ciri kehamilan yang pasti. Setelah itu, tentu Anda harus memisahkan ular piton jantan ke kandang yang lainnya.

Ciri-Ciri Dari Masa Kehamilan Indukan Ular Piton

Cara Ternak Ular Piton terbaik

Bila Anda tak mengetahui tanda-tanda dari kehamilan dari indukan ular piton. Berikut ini melalui cara ternak ular piton paling mudah juga akan dibahaskan. Adapun beberapa tanda-tanda dari indukan ular piton yang hamil diantaranya adalah:

  • Ular piton yang telah memasuki waktu kehamilan akan berukuran lebih besar, jika dibandingkan dengan sebelumnya. Bahkan pada bagian perut sudah terlihat sedikit menggembung.
  • Seperti pada indukan lainnya, ular piton betina ini akan lebih agresif dalam keadaan aman maupun tidak aman.
  • Setelah berpuasa saat melakukan perkawinan, indukan betina nantinya akan memiliki nafsu makan yang lebih.
  • Untuk memastikan benar-benar hamil, Anda bisa meraba bagian perut akan terasa.
  • Saat pada masa kehamilan indukan akan bertubuh semakin besar. Inilah yang membuat ular piton betina mudah berganti kulit.

Selain itu, bila Anda ingin mengetahui jika indukan betina akan melahirkan. Perhatikan gerak geriknya setiap hari. Jika sudah terlihat bila indukan ular piton gelisah. Ini pertanda jika indukan ular piton tersebut akan bertelur pada waktu dekat dekat ini.

Melakukan Penetasan Telur Ular Piton

cara ternak ular piton yang bagus

Untuk langkah yang selanjutnya adalah cara ternak ular piton di rumah adalah melakukan penetasan telur. Dalam penetasan telur ini, di dua cara yang bisa di andalkan untuk melakukan penetasan telur ini. Dari mulai penetasan yang dilakukan sendiri oleh indukan ulat piton betina. Dan juga dapat dilakukan penetesan sendiri menggunakan alat tertentu.

Cara ternak ular piton agar cepat menetas yang pertama, indukan akan mengerami telurnya  hingga menetas. Dalam hal ini, agar indukan tak terganggu saat membentuk lingkaran untuk mengerami telurnya. Anda bisa meletakkan kandang di tempat gelap, sepi dan jauh dari suara bising. Namun untuk cara yang kedua Anda bisa menggunakan inkubasi untuk menetaskan telur-telurnya. Pastikan saat mengambil telur harus berhati-hati dan menggunakan sarung tangan yang steril. Jangan lupa tidak membalik telur agar embrio tidak rusak. Suhu di sekitaran telur ini harus benar-benar lembab. Setelah menunggu sekian waktu, Anda bisa memberi pakan segera agar  anakan ular dapat tetap hidup

Pemberian Pakan Yang Berkualitas

Cara Ternak Ular Piton yang tepat

Salah satu langkah cara ternak ular piton paling benar selanjutnya adalah pemberian pakan yang berkualitas. Untuk pemberian pakannya ini, ular piton tidak perlu berkali kali, cukup dengan 2 hari sampai 3 harian baru Anda bisa memberikan pakan. Pakan yang diberikan bisa berupa tikus putih yang tanpa ada bahan kimia dalam tubuhnya. Agar tak mempengaruhi ular piton terserang gangguan penyakit.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara ternak ular piton hias yang bisa Anda ketahui. Beberapa cara ternak ular piton yang lebih mudah yang telah kami sampaikan di atas, tentunya akan bermanfaat bagi Anda bukan? jika begitu Anda bisa menggunakan beberapa cara diatas agar usaha semakin sukses di ke depannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda. Terus simak informasi seputar panduan cara ternak lengkap hanya di panduanternak.com

Artikel Terkait dengan Panduan dan Cara Ternak Ular Piton Supaya Cepat Besar