Begini Cara Ternak Ulat Hongkong Yang Benar Bagi Pemula

  • Pastikan Anda hanya membawa ulat hongkong sekitar 2 kg saja. Hal ini dilakukan agar ulat yang akan menjadi kepompong bisa mencapai besar bersama.
  • Pilihlah indukan yang memiliki ukuran lebih besar, dengan begitu anak yang akan di hasilkan juga akan lebih banyak lagi.
  • Ukuran dari ulat hongkong yang ideal biasanya mencapai panjang 15 mm dan untuk lebarnya mencapai 5 mm.
  • Gunakan ulat hongkong sekiranya yang paling lincah dan sebagainya.

Cara ternak ulat hongkong sederhana dalam memilih bibit yang unggul ini pastilah sangat sulit. Mengingat pada ternak pembelian ulat hongkong tersebut biasanya terdapat pencampuran dengan ulat hongkong yang tak berkualitas. Sehingga Anda harus berhati-hati akan hal yang satu ini.

Melakukan Pembibitan Yang Benar

Cara Ternak Ulat Hongkong terbaik

Cara ternak ulat hongkong pemula yang selanjutnya Anda harus mengerti terlebih dahulu cara pembibitan yang benar. Dengan begitu Anda pastikan akan sukses menjalankan usaha ternak dari ulat hongkong ini.  Berikut ini beberapa langkah agar proses pembibitan ulat hongkong berhasil diantaranya adalah:

  1. Langkah yang pertama, Anda harus memilih terlebih dahulu ulat hongkong yang sekiranya telah dewasa. Untuk ulat hongkong dewasa sendiri memiliki panjang sekitaran 15 mm dengan lebar 5 mm. Ulat dewasa inilah yang akan berubah menjadi kepompong nantinya.
  2. Taruhlah ulat hongkong yang sekiranya memiliki sudah dewasa pada kotak kayu sebagai tempatnya. Tunggulah sampai mencapai 10 hari, maka ulat tersebut sudah menjadi kepompong secara bergantian.
  3. Selanjutnya Anda bisa mengambil kepompong tersebut dan taruhlah pada kotak yang lainnya. Tunggu kembali hingga mencapai 3 hari maka kepompong nanti menjadi kumbang. Namun, dalam pengambilan kepompong Anda haruslah berhati-hati dan pastikan memilih kepompong yang terlihat berwarna putih kecoklatan.
  4. Setelah beberapa hari, Anda dapat memeriksa kembali apakah semua kepompong berubah menjadi kumbang. Bila sudah, Anda dapat mengambil kumbang yang sayapnya berwarna hitam mengkilap. Kumbang yang bersayap mengkilap ini nantinya dapat ditelurkan di kotak yang terpisah lagi. Jangan lupa untuk menambahkan kapas untuk menampung telur-telurnya tadi.
  5. Langkah selanjutnya, Anda bisa menutup rapat kotak tersebut dan tunggu hingga 7 hari. kumbang yang telah bertelur nantinya akan mati secara Jika di rasa sudah tak ada kumbang, Anda dapat mengambil telurnya dan di simpan di kotak yang telah di siapkan. Setelah itu, tunggu 30 hari lagi, maka Anda dapat mengambil kapas yang ada.
  6. Dan biarkan bibit berubah menjadi salah bibit yang akan tumbuh besar menjadi ulat hongkong yang ada.

Tempat Yang Tepat Untuk Ulat Hongkong

Cara Ternak Ulat Hongkong sanagt memuaskan

Menentukan tempat yang tepat untuk ulat hongkong sendiri sangatlah mudah. Meskipun begitu tentunya cara ternak ulat hongkong benar yang satu ini juga harus diperhatikan dengan baik. Dalam hal kandang sendiri untuk ulat hongkong haruslah berdinding semen dan memiliki atap genteng. Hal ini dilakukan agar ulat tidak terkena binatang buas maupun hama.

Tak lupa juga Anda membutuhkan kotak dari kayu sebagai sarang buatan untuk ulat hongkong yang satu ini. Pastikan juga terdapat rak untuk menaruh kotak kayu tersebut dengan begitu kandang akan terlihat rapi. Karena mengingat Anda menternak ulat hongkong, pastikan juga suhu dalam ruangan tersebut sangat lembab, tentunya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Dengan begitu ulat hongkong dapat hidup.