Menu

9 Jenis Sapi Potong Dan Perah Beserta Harganya

Jenis Sapi – Sapi merupakan salah satu jenis mamalia yang memang banyak dipelihara oleh masyarakat. Hewan mamalia yang satu ini memiliki banyak manfaat baik itu kulit daging susu tulang dan sebagainya. Maka tak heran bila banyak sekali masyarakat yang lebih memilih memelihara sapi dibandingkan kambing dan yang lainnya. Bila ditinjau dari bentuk dan besar badan si sapi membuat harga sapi menjadi relatif lebih mahal. Untuk satu ekornya sendiri baik itu sapi potong maupun sapi perah memiliki harga mencapai puluhan juta rupiah.

Di Indonesia telah banyak berbagai macam sapi baik itu dari potong maupun perah. Dan berbagai macam sapi tersebut tentunya akan memiliki harga yang berbeda-beda. Bila Anda penasaran akan jenis sapi potong maupun perah yang satu ini. Yuk simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini!

Jenis Sapi Potong

Jenis Sapi Potong

Di bawah ini admin Panduan Ternak akan mengulas informasi seputar beberapa jenis sapi potong serta harganya yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa informasi mengenai sapi potong sebagai berikut:

Sapi Limosin

Jenis Sapi Potong Perah

Salah satu jenis sapi yang ada di indonesia dan paling banyak dicari yaitu sapi limosin import. Jenis sapi limosin yang satu ini memiliki karakteristik dengan tubuh yang lebih besar dengan ukuran yang sangat baik untuk Anda bawa ke event tertentu. Biasanya dalam hal ini sapi limosin menjadi kategori sapi pedaging yang paling baik dan unggul. Sehingga tak heran terkadang banyak masyarakat yang lebih memilih sapi limosin untuk disembelih. Tahukah Anda ternyata sapi limosin berasal dari negara prancis kemudian tersebar di dunia. Bahkan di indonesia sendiri Anda sudah bisa mendapatkan sapi limosin terbaik itu yang lebih unggul super dan yang lain.

Salah satu karakteristik dari sapi limosin yang unggul itu memiliki tanduk yang sangat kecil. Untuk ukuran tubuhnya sendiri besar dan kekar tampak begitu kuat dibandingkan dengan sapi jenis lain. warna kulitnya lebih tebal sehingga tak heran bila sapi unggul ini terkadang ukuran jantan bisa mencapai 1,2 ton per ekornya. Harga dari sapi limosin sendiri dapat mencapai 70 jutaan lebih.

Sapi Simental

Jenis Sapi Potong Daging Terbanyak

Tak hanya terdapat sapi limosin yang unggul tetapi di indonesia sendiri sudah terdapat sapi simental terbaik.  Jenis sapi yang satu ini merupakan jenis sapi yang berasal dari sekitaran eropa. Tepatnya berasal dari negara swiss, saat ini telah berada di indonesia. Sapi simental dulunya memiliki bobot yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan saat ini. Hal ini dikarenakan dulunya sapi swiss dipersilangkan dengan sapi jerman sehingga memiliki bobot  yang lebih besar.

Sapi simental memiliki ciri khas dengan tinggi badannya mencapai 150 cm sementara untuk berat badannya lebih dari 900 kg . Bahkan terkadang sapi simental memiliki berat badan mencapai 1300 kg. Meskipun di indonesia sendiri terdapat beberapa jenis sapi lain tapi sapi simental unggul yang dipilih sebagai sapi daging atau sapi potong. Untuk harganya sapi simental mencapai 50 juta.

Sapi Brahman

Jenis Sapi Potong Paling Mahal

Sapi brahma merupakan salah satu sapi potong yang memiliki kualitas unggul. Sapi brahman unggul berasal dari India dan oleh masyarakat India dikembangbiakkan hingga menjadi pesat di sekitar negara Amerika. Namun saat ini sapi tersebut telah berada di Indonesia. Bila dibandingkan dengan sapi-sapi lainnya sapi brahma ini hampir sama dengan limosin karena banyak dicari oleh masyarakat Indonesia khususnya para peternak sapi pedaging. Sapi ini dapat mencapai 1 ton lebih untuk berat badannya dengan harga mencapai 60 jutaan. Sapi brahman memiliki karakteristik pada warna kulitnya coklat putih serta hitam. Sementara untuk ciri yang paling terlihat memiliki punuk besar atau yang agak lebar.

Sapi Brangus

Jenis Sapi Potong Termahal

Tahukah Anda untuk jenis sapi potong selanjutnya yaitu sapi brangus. Sapi brangus terbaik merupakan sapi yang hasil persilangan dari dua sapi yang memiliki kualitas baik. Sehingga sapi brangus pun memiliki kualitas yang sama dengan induknya yaitu sapi brahma dan sapi aberdeen Angus. Untuk ciri-ciri khas dari sapi brangus memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dengan berat badan mencapai 1800 pound. Banyak masyarakat yang menggunakan sapi brangus sebagai sapi potong karena dagingnya memiliki kualitas yang baik. Sapi jenis ini biasa ditemui di Amerika Serikat, Mexico, Argentina, dengan warna kulit khas yang hitam. Untuk harga dari sapi brangus sendiri bisa mencapai 75 juta.

Jenis Sapi Perah

Jenis Sapi Perah

Nah setelah terdapat beberapa dari jenis sapi potong. Adapun beberapa jenis sapi perah yang bisa Anda ternak sebagai berikut ini:

Sapi Holstein Friesien

Jenis Sapi Perah Termahal

Sapi holstein Friesien merupakan salah satu bangsa sapi perah yang paling unggul di Amerika. Untuk jenis sapi yang satu ini berasal dari negeri Belanda. Dengan karakteristik memiliki warna kulit dominasi putih dengan totol totol hitam. Karena sapi ini mampu memproduksi susu dalam jumlah banyak dengan kadar lemak yang rendah. Membuat para peternak sapi perah lebih memilih menggunakan sapi. Ukuran badan yang dimiliki sapi holstein friesien sangat besar dibandingkan dengan sapi perah lainnya. Dengan berat badan mencapai 1300 pound. Untuk harganya sendiri sapi perah ini 50 jutaan lebih.

Sapi Ayrshire

Jenis Sapi Perah Penghasil Susu Terbanyak

Sapi ayrshire terbaik adalah jenis sapi yang dikembangkan di daerah Ayr Skotlandia. Sapi jenis ini memiliki pola warna yang berbeda-beda dari mulai merah dengan putih serta warna mahagoni dan putih. Sapi ayrshire unggul dipercaya bisa memproduksi susu sapi yang lebih dengan kadar lemak yang rendah. Maka tak heran banyak para peternak lebih memilih untuk membudidayakan sapi ayrshire untuk memperoleh susu yang berkualitas baik. Berat badan sapi ayrshire bisa mencapai 1250 pound hingga 1600 pound. Untuk harganya untuk harganya sendiri dapat mencapai 60 juta lebih ukuran dewasa.

Sapi Brown Swiss

Jenis Sapi Perah Murah

Mungkin sekilas bagi Anda sudah mengetahui dengan sapi Brown Swiss yang unggul. Jenis sapi perah yang satu ini biasanya dikembangkan di lereng-lereng pegunungan yang ada di Swiss. Sapi Brown Swiss terlihat  memiliki ukuran badan yang besar dan memiliki lemak yang berwarna putih. Terkadang para peternak lebih memilih sapi Brown Swiss untuk produksi daging serta produksi susu. Karakteristik dari sapi yang satu ini warna kulit sedikit kecoklatan. Dengan ukuran bobot badan mencapai 1400 pound hingga 2400 pound. Dengan harga mencapai 70 jutaan setiap ukuran dewasa tergantung berat bobotnya.

Sapi Guernsey

Jenis Sapi Perah Susu

Sapi guernsey merupakan jenis sapi perah yang berasal dari Inggris. Sapi yang satu ini memiliki karakteristik dengan warna kulitnya merah dengan totol totol putih. Sapi perah guernsey merupakan sapi yang mampu memproduksi susu yang kaya akan protein dengan kadar lemak yang rendah. Banyak yang mencari jenis sapi yang satu ini di Indonesia karena dibandingkan dengan sapi lainnya memiliki harga yang lebih relatif terjangkau. Harganya dapat mencapai 50 jutaan lebih kurang dewasa.

Sapi Jersey

Jenis Sapi Perah Unggul

Yang terakhir adalah sapi jersey unggul yang merupakan salah satu sapi dari Inggris. Sapi jersey selain sangat mudah untuk dikembangkan ternyata produksi lemak susunya jauh lebih banyak. Maka tak heran jika di Inggris sendiri tepatnya di Pulau Guernsey merupakan penghasil utama mentega dengan kualitas baik. Sehingga tak jarang banyak para peternak sapi perah untuk memilih sapi jersey untuk dikembangkan. Sapi yang satu ini biasanya memiliki bobot sekitar 1100 pound dengan harga yang relatif orang.

Nah itulah beberapa informasi mengenai jenis sapi yang bisa Anda ketahui. Tentu setelah membaca artikel yang satu ini anda akan mengerti perbedaan dari jenis sapi potong serta sapi perah. Semoga bermanfaat 🙂

Artikel Terkait dengan 9 Jenis Sapi Potong Dan Perah Beserta Harganya