19+ Jenis Burung Murai Batu

Murai Batu – Siapa sih yang tak mengerti dengan burung murai batu? Burung yang satu ini sejak dahulu menjadi salah satu burung tercantik dan populer yang ada di Indonesia ini masih saja banyak peminatnya.  Meskipun memiliki harga yang relatif tinggi namun, ternyata burung murai batu menjadi yang terlaris di pasaran.  Burung murai batu memiliki suara kicauan yang cukup menarik. Dengan bulu yang panjang serta warna yang menarik mampu mengalahkan burung hias lainnya.

Banyaknya jenis burung murai batu yang satu ini. Membuat masyarakat pecinta burung hias sering bingung untuk membedakannya. Nah, agar Anda tak bingung dengan jenis burung murai yang ada di Indonesia. Yuk simak  artikel yang satu ini agar Anda  mengerti dengan berbagai jenis burungnya yang ada!

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya jika burung murai batu yang satu ini banyak peminatnya. Berbeda dengan jenis burung hias lainnya, burung murai batu nampak lebih kecil dan menarik jika dibandingkan dengan burung biasanya. Bulu dari burung hias yang satu ini pun lebih menarik dengan warna yang sangat kontras. Tentu siapa yang tak terpanah dengan kecantikan dari burung murai batu yang satu ini. Bahkan bila Anda berhasil mendengarkan kicauannya yang melengking dan merdu. Secara sekejap pun Anda akan tertarik dengan jenis burung hias yang satu ini.

Jenis Burung Murai Batu

Jenis Burung Murai Batu

Di bawah ini kami akan mengulas informasi seputar jenis murai batu yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa jenis burung murai batu yang bisa Anda ketahui:

Murai Batu Medan

Murai Batu Medan

Salah satu jenis murai batu yaitu murai batu medan. Burung hias yang satu ini berasal dari Medan, seperti halnya yang tercantum pada namanya. Burung dari medan ini memiliki bentuk ekor yang sangat  unik dan tipis. Untuk panjangnya mencapai 27 hingga 30 cm. Dengan memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan melengking. Biasanya bila burung yang satu ini akan bersuara harus mengembangkan suara  terlebih dahulu.

Murai Batu Nias

Murai Batu Nias

Burung murai batu nias, menjadi salah satu burung yang juga banyak peminatnya. Burung ini memiliki panjang ekor mencapai 17- 20 cm. Dengan warna yang dominan hitam pekat. Murai batu dipercaya  memiliki suara yang merdu, keras dan melengking.  Tingkat kecerdasan dari burung murai batu ini sangat suka menirukan kicauan burung yang lainnya. Bahkan terkadang mampu menirukan suara  manusia.

Murai Batu Malaysia

Murai Batu Malaysia

Sebenarnya untuk burung murai batu Malaysia yang satu ini berasal dari Negeri Jiran. Burung ini memiliki panjang ekor hampir sama dengan burung murai lainnya mencapai 17 hingga 20 cm. Dengan suara kicauan yang merdu keras serta melengking membuat murai batu Malaysia juga terkenal. Tingkat kecerdasannya hanya mampu menirukan beberapa kicauan burung saja tidak seperti burung murai batu nias.