Menu

19+ Jenis Burung Murai Batu

Murai Batu – Siapa sih yang tak mengerti dengan burung murai batu? Burung yang satu ini sejak dahulu menjadi salah satu burung tercantik dan populer yang ada di Indonesia ini masih saja banyak peminatnya.  Meskipun memiliki harga yang relatif tinggi namun, ternyata burung murai batu menjadi yang terlaris di pasaran.  Burung murai batu memiliki suara kicauan yang cukup menarik. Dengan bulu yang panjang serta warna yang menarik mampu mengalahkan burung hias lainnya.

Banyaknya jenis burung murai batu yang satu ini. Membuat masyarakat pecinta burung hias sering bingung untuk membedakannya. Nah, agar Anda tak bingung dengan jenis burung murai yang ada di Indonesia. Yuk simak  artikel yang satu ini agar Anda  mengerti dengan berbagai jenis burungnya yang ada!

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya jika burung murai batu yang satu ini banyak peminatnya. Berbeda dengan jenis burung hias lainnya, burung murai batu nampak lebih kecil dan menarik jika dibandingkan dengan burung biasanya. Bulu dari burung hias yang satu ini pun lebih menarik dengan warna yang sangat kontras. Tentu siapa yang tak terpanah dengan kecantikan dari burung murai batu yang satu ini. Bahkan bila Anda berhasil mendengarkan kicauannya yang melengking dan merdu. Secara sekejap pun Anda akan tertarik dengan jenis burung hias yang satu ini.

Jenis Burung Murai Batu

Jenis Burung Murai Batu

Di bawah ini kami akan mengulas informasi seputar jenis murai batu yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa jenis burung murai batu yang bisa Anda ketahui:

Murai Batu Medan

Murai Batu Medan

Salah satu jenis murai batu yaitu murai batu medan. Burung hias yang satu ini berasal dari Medan, seperti halnya yang tercantum pada namanya. Burung dari medan ini memiliki bentuk ekor yang sangat  unik dan tipis. Untuk panjangnya mencapai 27 hingga 30 cm. Dengan memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan melengking. Biasanya bila burung yang satu ini akan bersuara harus mengembangkan suara  terlebih dahulu.

Murai Batu Nias

Murai Batu Nias

Burung murai batu nias, menjadi salah satu burung yang juga banyak peminatnya. Burung ini memiliki panjang ekor mencapai 17- 20 cm. Dengan warna yang dominan hitam pekat. Murai batu dipercaya  memiliki suara yang merdu, keras dan melengking.  Tingkat kecerdasan dari burung murai batu ini sangat suka menirukan kicauan burung yang lainnya. Bahkan terkadang mampu menirukan suara  manusia.

Murai Batu Malaysia

Murai Batu Malaysia

Sebenarnya untuk burung murai batu Malaysia yang satu ini berasal dari Negeri Jiran. Burung ini memiliki panjang ekor hampir sama dengan burung murai lainnya mencapai 17 hingga 20 cm. Dengan suara kicauan yang merdu keras serta melengking membuat murai batu Malaysia juga terkenal. Tingkat kecerdasannya hanya mampu menirukan beberapa kicauan burung saja tidak seperti burung murai batu nias.

Murai Batu Borneo

Murai Batu Borneo

Seperti namanya burung murai batu borneo berasal dari pulau Kalimantan. Burung ini menjadi perhatian khusus para pecinta burung yang ada di sana. Karena habitat aslinya yang telah rusak dan menjadi salah satu burung dilindungi di Indonesia. Burung murai batu Borneo memiliki panjang ekor dari 8 hingga 13 cm. Dengan warna bulu yang kontras dengan warna gelap serta warna terang.

Baca juga: Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula

Murai Batu Lampung

Murai Batu Lampung

Murai batu lampung juga sama dengan namanya berasal dari Lampung. Burung hias ini memiliki panjang sekitar 12 hingga 18 cm yang cantiknya luar biasa. Untuk suaranya benar-benar merdu serta keras dengan intonasi yang berulang-ulang. Burung batu lampau ini terkenal tak mudah letih saat mengeluarkan kicauannya.

Murai Batu Aceh

Murai Batu Aceh

Burung murai batu Aceh berasal dari wilayah Sumatera Utara yaitu Provinsi Aceh. Burung ini memiliki panjang sekitar 19 hingga 30 cm yang menarik. Suara yang dihasilkan dari burung tersebut yaitu suara ngeroll dan suara nembak.  Dengan body yang lebih kecil jika dibandingkan dengan borang burung murai lainnya. Meskipun kecil tetapi burung murai aceh menjadi salah satu favorit para pecinta burung.

Murai Batu Betina

Murai Batu Betina

Murai batu betina menjadi salah satu jenis burung dengan suaranya yang merdu. Burung ini memiliki panjang ekor sekitar 7 Hingga 12 cm. Dengan suara kicauan yang lebih lembut dan masih melengking menjadi ciri khas burung murai batu betina. Ukurannya yang kecil pun tak luput menjadi favorit para pecinta burung.

Murai Batu Kalimantan

Murai Batu Kalimantan

Murai batu kalimantan menjadi salah satu jenis burung yang ada di Kalimantan. Burung ini memiliki kekurangan dari segi kicauannya karena kurang keras daripada burung murai lainnya. Burung murai batu kalimantan memiliki ciri khas yang hampir sama dengan burung yang ada di Aceh. Dengan panjang ekor sekitar 15 cm dan suara saat berkicau lebih bertenaga.

Murai Batu Juara

Murai Batu Juara

Murai batu juara menjadi salah satu burung yang terfavorit. Burung hias ini memiliki panjang ekor sekitar 20 cm yang terlihat indah. Dominan dengan warna gelap yang membuat burung batu juara terlihat menarik. Kicauan yang dihasilkan pun tak kalah dengan jenis burung murai lainnya begitu lantang keras serta merdu.

Baca juga: Tips Panduan Usaha Ternak Pleci dengan Budidaya Paling Murah

Murai Batu Bahorok

Murai Batu Bahorok

Murai batu bahorok merupakan salah satu jenis  burung yang ada di Sumatera Utara. Burung hias ini memiliki panjang ekor mencapai 12 hingga 20 cm. Anda bisa mendapati burung tersebut di perkebunan kelapa sawit di sekitaran Sumatera. Burung ini dikenal sangat liar dan berada jauh dari pemukiman penduduk.

Murai Batu Jambi

Murai Batu Jambi

Salah satu jenis burung murai selanjutnya adalah murai batu jambi. Burung ini memiliki warna yang sedikit kontras dengan warna terangnya. Memiliki tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis burung murai lainnya. Namun untuk kicauan tidak bisa dianggap remeh karena burung ini lebih menantang dan keras.

Murai Batu Ohara

Murai Batu Ohara

Murai batu Ohara memiliki panjang ekor mencapai 8 hingga 20 cm. Burung ini memiliki keunikan dengan suaranya yang lantang namun melengking. Banyak para penghobi dari burung ingin memiliki burung murai batu Ohara yang satu ini.

Baca juga: Cara Ternak Burung Merpati Yang Murah Dan Mudah

Murai Batu Thailand

Murai Batu Thailand

Murai batu Thailand memiliki keunikan dari jenis warna bulunya. Perpaduan antara hitam serta putih membuat burung murai thailand menjadi primadona. Panjang ekor bisa mencapai 28 hingga 33 cm sehingga sangat cantik. Maka tak heran jika burung hias ini memiliki harga yang sangat tinggi.

Murai Batu Balak

Murai Batu Balak

Murai batu balak juga menjadi salah satu jenis burung hias yang populer di Indonesia. Burung hias ini memiliki panjang ekor mencapai 13 hingga 17 cm. Memiliki bulu yang kontras dengan warna gelap serta terang membuat burung terlihat cantik. Untuk suaranya sendiri memiliki karakter yang tegas serta menantang.

Murai Batu Pasaman

Murai Batu Pasaman

Berbeda dengan jenis burung murai batu lainnya, burung murai batu pasaman berukuran kecil. Dengan ekor yang panjang mencapai 12 hingga 20 cm. Yang menjadi favorit para pencinta burung kicau yang sangat merdu serta berirama. Maka tak heran jika harga jual dari burung murai batu Pasaman begitu tinggi.

Murai Batu Blorok

Murai Batu Blorok

Murai batu blorok menjadi salah satu jenis burung hias yang ada di Indonesia. Seperti namanya murai batu blorok sedikit terlihat menyeramkan. Dengan ciri-ciri panjang tubuh mencapai 35 cm. Warnanya yang begitu gelap membuat burung batu blorok ini tinggi di pasaran.

Baca juga: Panduan Dan Caran Ternak Kacer Bagi Pemula

Murai Batu Murah

Murai Batu Murah

Murai batu murah menjadi jenis burung hias dengan warna bulunya yang terang. Menampilkan ekor yang sedikit lebih pendek mencapai 7 Hingga 12 cm. Untuk kicauannya pun sangat menarik didengar karena begitu merdu dan berirama.

Murai Batu Nias Raja

Murai Batu Nias Raja

Murai batu nias raja berasal dari pulau nias. Burung jenis ini memiliki ekor dengan panjang mencapai 20 hingga 23 cm. Memiliki berbagai warna yang menarik membuat burung Batu Nias menjadi raja di jenisnya. Sehingga harga jual dari burung ini sangat tinggi.

Murai Batu Bordan

Murai Batu Bordan

Murai batu bordan merupakan jenis burung yang memiliki persilangan antara murai borneo serta murai medan. Burung ini memiliki bulu dengan gaya yang mental serta ekor yang panjang mencapai 13 hingga 20 cm. Suara kicauannya begitu merdu serta berirama. Terkadang suara memiliki tembakan yang lebih keras jika dibandingkan dengan burung murai lainnya.

Murai Batu Trotol

Murai Batu Trotol

Murai batu trotol memiliki dominan warna hitam pada bulunya. Suaranya yang lebih lantang serta harga yang lebih terjangkau membuat burung trotol laku di pasaran. Burung trotol ekor yang menarik dengan panjang sekitar 7 Hingga 12 cm.

Murai Batu Trotolan

Murai Batu Trotolan

Tak jauh beda dengan jenis murai batu di atas murai batu trotolan lebih berukuran besar dibandingkan dengan biasanya. Dengan panjang ekor pun mencapai 12 hingga 20 cm membuat burung trotolan menarik. Untuk suara dari burung trotolan ini tegas dan lantang.

Murai Batu Marike

Murai Batu Marike

Murai batu marike menjadi burung hias yang termahal di Indonesia. Burung ini berasal dari Sumatera Utara asli dari hutan marike. Memiliki bulu yang sangat indah dengan panjang ekor mencapai 20 hingga 23 cm. Suaranya yang merdu serta lantang membuat harganya lebih merdu di pasaran.

Murai Batu Natalia

Murai Batu Natalia

Murai batu natalia merupakan salah satu jenis murai yang tercantik dan melegenda. Murai yang satu ini memiliki panjang mencapai 35 hingga 40 cm. Dengan kecerdasan mampu menirukan berbagai kicauan burung serta omongan manusia.  Burung ini memiliki warna hitam yang dominan dibandingkan dengan orange.

Murai Batu Lahat

Murai Batu Lahat

Murai batu lahat menjadi salah satu jenis burung yang difavoritkan di Indonesia. Burung ini berasal dari pulau Lahat yang khas dengan kicauannya yang tegas serta merdu. Memiliki panjang ekor mencapai 20 cm hingga 30 cm.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar jenis burung murai batu yang bisa di temui. Semoga dengan adanya artikel di atas Anda bisa menemukan burung murai favorit Anda. Terus simak informasi seputar panduan cara ternak lengkap hanya di panduanternak.com

Artikel Terkait dengan 19+ Jenis Burung Murai Batu