19+ Jenis Burung Murai Batu

Murai Batu Borneo

Murai Batu Borneo

Seperti namanya burung murai batu borneo berasal dari pulau Kalimantan. Burung ini menjadi perhatian khusus para pecinta burung yang ada di sana. Karena habitat aslinya yang telah rusak dan menjadi salah satu burung dilindungi di Indonesia. Burung murai batu Borneo memiliki panjang ekor dari 8 hingga 13 cm. Dengan warna bulu yang kontras dengan warna gelap serta warna terang.

Baca juga: Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula

Murai Batu Lampung

Murai Batu Lampung

Murai batu lampung juga sama dengan namanya berasal dari Lampung. Burung hias ini memiliki panjang sekitar 12 hingga 18 cm yang cantiknya luar biasa. Untuk suaranya benar-benar merdu serta keras dengan intonasi yang berulang-ulang. Burung batu lampau ini terkenal tak mudah letih saat mengeluarkan kicauannya.

Murai Batu Aceh

Murai Batu Aceh

Burung murai batu Aceh berasal dari wilayah Sumatera Utara yaitu Provinsi Aceh. Burung ini memiliki panjang sekitar 19 hingga 30 cm yang menarik. Suara yang dihasilkan dari burung tersebut yaitu suara ngeroll dan suara nembak.  Dengan body yang lebih kecil jika dibandingkan dengan borang burung murai lainnya. Meskipun kecil tetapi burung murai aceh menjadi salah satu favorit para pecinta burung.

Murai Batu Betina

Murai Batu Betina

Murai batu betina menjadi salah satu jenis burung dengan suaranya yang merdu. Burung ini memiliki panjang ekor sekitar 7 Hingga 12 cm. Dengan suara kicauan yang lebih lembut dan masih melengking menjadi ciri khas burung murai batu betina. Ukurannya yang kecil pun tak luput menjadi favorit para pecinta burung.

Murai Batu Kalimantan

Murai Batu Kalimantan

Murai batu kalimantan menjadi salah satu jenis burung yang ada di Kalimantan. Burung ini memiliki kekurangan dari segi kicauannya karena kurang keras daripada burung murai lainnya. Burung murai batu kalimantan memiliki ciri khas yang hampir sama dengan burung yang ada di Aceh. Dengan panjang ekor sekitar 15 cm dan suara saat berkicau lebih bertenaga.

Murai Batu Juara

Murai Batu Juara

Murai batu juara menjadi salah satu burung yang terfavorit. Burung hias ini memiliki panjang ekor sekitar 20 cm yang terlihat indah. Dominan dengan warna gelap yang membuat burung batu juara terlihat menarik. Kicauan yang dihasilkan pun tak kalah dengan jenis burung murai lainnya begitu lantang keras serta merdu.

Baca juga: Tips Panduan Usaha Ternak Pleci dengan Budidaya Paling Murah

Murai Batu Bahorok

Murai Batu Bahorok

Murai batu bahorok merupakan salah satu jenis  burung yang ada di Sumatera Utara. Burung hias ini memiliki panjang ekor mencapai 12 hingga 20 cm. Anda bisa mendapati burung tersebut di perkebunan kelapa sawit di sekitaran Sumatera. Burung ini dikenal sangat liar dan berada jauh dari pemukiman penduduk.