19+ Jenis Burung Murai Batu

Murai Batu Nias Raja

Murai Batu Nias Raja

Murai batu nias raja berasal dari pulau nias. Burung jenis ini memiliki ekor dengan panjang mencapai 20 hingga 23 cm. Memiliki berbagai warna yang menarik membuat burung Batu Nias menjadi raja di jenisnya. Sehingga harga jual dari burung ini sangat tinggi.

Murai Batu Bordan

Murai Batu Bordan

Murai batu bordan merupakan jenis burung yang memiliki persilangan antara murai borneo serta murai medan. Burung ini memiliki bulu dengan gaya yang mental serta ekor yang panjang mencapai 13 hingga 20 cm. Suara kicauannya begitu merdu serta berirama. Terkadang suara memiliki tembakan yang lebih keras jika dibandingkan dengan burung murai lainnya.

Murai Batu Trotol

Murai Batu Trotol

Murai batu trotol memiliki dominan warna hitam pada bulunya. Suaranya yang lebih lantang serta harga yang lebih terjangkau membuat burung trotol laku di pasaran. Burung trotol ekor yang menarik dengan panjang sekitar 7 Hingga 12 cm.

Murai Batu Trotolan

Murai Batu Trotolan

Tak jauh beda dengan jenis murai batu di atas murai batu trotolan lebih berukuran besar dibandingkan dengan biasanya. Dengan panjang ekor pun mencapai 12 hingga 20 cm membuat burung trotolan menarik. Untuk suara dari burung trotolan ini tegas dan lantang.

Murai Batu Marike

Murai Batu Marike

Murai batu marike menjadi burung hias yang termahal di Indonesia. Burung ini berasal dari Sumatera Utara asli dari hutan marike. Memiliki bulu yang sangat indah dengan panjang ekor mencapai 20 hingga 23 cm. Suaranya yang merdu serta lantang membuat harganya lebih merdu di pasaran.