Menu

Cara Ternak Cucak Ijo Bagi Pemula

Ternak Cucak Ijo – Cucok ijo merupakan salah satu burung yang memiliki kicauan terbaik. Banyak dari mereka pencinta burung yang sekarang menggemari salah satu burung dengan kicauan terbaik ini. Maka tak heran banyak yang menawarkan burung cucak ijo Ini dengan harga yang tinggi. Meskipun begitu para pecinta burung pun tidak akan rugi karena suara yang dihasilkan oleh jujur itu sangatlah merdu.

mengingat masih banyak yang menggemari burung cucak ijo ini jadi tak ada salahnya untuk Anda mencoba merintis usaha ternak cucok ijo. Jika sudah begini Anda sebagai pemula seharusnya mengikuti tips-tips yang telah kami ulas untuk Anda tentang cara ternak cucak ijo untuk pemula.  untuk itu jika Anda ingin benar-benar melakukan ternak cucok ijo ini bisa menyimak artikel berikut ini hingga akhir.

Cara Ternak Cucak Ijo Bagi Pemula Bagaimana?

Dibawah ini kami akan mengulas beberapa tips cara ternak cucak ijo bagi pemula yang bisa Anda ketahui. Adapun caranya yang dapat Anda coba sebagai berikut:

  1. Cara Memilih Indukan Cucak Ijo Yang Benar

    Untuk memilih indukan burung cucak ijo yang benar dan berkualitas Anda harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Biasanya untuk kalangan cucak ijo jantan haruslah rajin berkicau. Sedangkan untuk yang betina harus berusia diatas 1 tahun dan jantan diatas 2 tahun. Dan selanjutnya tidak ada cacat fisik dan lincah sebisa mungkin pun Anda harus dapat memilih burung dengan ukuran badan yang sesuai dan serasi.

  2. Memperhatikan Kandang Ternak Cucok Ijo

    Dalam ternak cucok ijo untuk memilih kandang sendiri Anda perlu menyediakan dua kandang sekaligus gimana. Satu kandang digunakan untuk sendiri. Dan kandang lainnya digunakan saat kawin. Umumnya ukuran kandang ternak cucok ijo biasanya memiliki tinggi kandang 2,5 meter dengan lebar 3 meter. Disarankan juga dalam kandang diberi beberapa pepohonan agar burung lebih jinak. Anda bisa menggunakan pohon mangga atau belimbing dan yang lain. Jangan lupa untuk memberikan tempat makan minum dan tangkringan untuk si burung

  3.  Perhatikan Juga Pakan Burung

    Untuk pakan burung sendiri Anda dapat memberikan pakan yang mengandung nutrisi vitamin dan kalsium. Untuk menjaga kesehatan dan stamina burung cucak ijo sendiri .Inipun akan mempengaruhi keturunan yang dihasilkan nantinya. Jadi untuk memiliki anakan burung cucok ijo yang berkualitas Anda harus tetap memperhatikan pakan yang diberikan untuk cucok ijo.

  4. Perhatikan Kebersihan Kandang

    Untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar tentunya burung yang Anda jual haruslah memiliki kualitas yang baik. Untuk itu Anda perlu memperhatikan kandang dan selalu membersihkan agar terhindar dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Jangan lupa juga untuk membersihkan kotoran si burung dan memandikannya setiap pagi. Hal ini sebenarnya sama saja untuk menghindari si burung terkena gangguan penyakit yang mengakibatkan kualitas nya akan berkurang nantinya.

Nah, itulah informasi mengenai cara ternak  cucak ijo yang bisa kami sampaikan untuk Anda .Semoga dengan adanya artikel berikut ini Anda mampu membuka usaha ternak yang menghasilkan burung cucak ijo terbaik dan berkualitas. Semoga berhasil

Artikel Terkait dengan Cara Ternak Cucak Ijo Bagi Pemula