Menu

Panduan Cara Ternak Loverbird Lengkap Dari Modal Hingga Pemasaran

Cara Ternak Lovebird – Bagi Anda pecinta burung kicau jenis Lovebird, berikut ini kami akan memberikan panduan cara ternak Lovebird yang menguntungkan, tentunya lengkap dengan penghitungan modal dan cara pemasarannya.

Peliharaan burung kicau nampaknya tengah menjadi trend hobi yang diminati oleh banyak kalangan saat ini. Ada berbagai jenis burung kicau yang biasa dipelihara oleh pecinta burung, mulai dari Kenari, Pleci, Muray, Lovebird, Jalak, dan sebagainya.

Namun ada satu jenis burung kicau yang cukup menarik perhatian kami, yaitu Lovebird. Burung kicau jenis ini juga banyak peminatnya, selain karena harganya yang terjangkau oleh semua kalangan, cara pemeliharaannya pun cukup mudah dan bahkan bisa diternakkan tanpa membutuhkan modal yang besar.

Terlebih lagi suatu usaha yang berangkat dari hobi tentu akan lebih mudah dan menyenangkan dalam menjalaninya. Pengalaman dan pengetahuan yang Anda miliki tentang cara ternak Lovebird tentu akan lebih menghasilkan bila Anda dapat mengubahnya menjadi sebuah usaha budidaya.

Persiapan dan Perlengkapan Ternak Lovebird

Masing-masing jenis burung tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, perlengkapan yang dibutuhkan pun akan berbeda-beda pula, menyesuaikan dengan bentuk fisik dan karakteristik dari burung tersebut.

Untuk cara ternak Lovebird, ada beberapa perlengkapan yang perlu Anda siapkan, antara lain:

  1. Kandang Untuk Ternak Lovebird

    Lovebird memiliki karakteristik yang lincah, suka bermain, dan terbang secara horizontal. Oleh karena itu persiapkan kandang ternak dengan ruang yang cukup luas, dan memanjang ke arah samping.

    Sepasang Lovebird setidaknya harus menempati kandang berukuran panjang 80 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm. Kandang ternak dengan ukuran tersebut bisa dikatakan cukup untuk dijadikan sebagai penangkaran sepasang Lovebird.

    Bila ingin ternak Lovebird berjumlah lebih dari sepasang, tinggal kalikan saja jumlahnya untuk menyesuaikan ukuran kandang. Atau sebagai perkiraan untuk 5 pasang Lovebird, maka kandang yang diperlukan berukuran P 2 m x L 1 m x T 1,5 m.

    Kandang ternak Lovebird sebaiknya dibuat menggunakan jeruji dari kawat atau besi agar tidak mudah rusak akibat paruhnya yang tajam. Selain itu juga akan lebih aman dari serangan hewan-hewan pemangsa seperti kucing, tikus, dan lain-lain.

    Letakkan kandang ternak di tempat yang teduh namun tetap terkena cahaya matahari langsung pada saat tertentu. Hal ini berguna agar kelembaban udara di dalam kandang tetap terjaga.

    Bagian atap kandang sebaiknya terbuat dari kayu, sabut kelapa, ataupun genteng tanah. Jangan menggunakan seng, karena dapat membuat suhu di dalam kandang menjadi terlalu panas.

    penangkaran lovebird paruh bengkokmodel kandang ternak lovebirdkandang ternak loverbird yang baikkandang ternak lovebirdcontoh kandang ternak lovebirdsangkar ternak lovebird

  2. Sarang Untuk Bertelur Lovebird

    Sarang untuk bertelur ini biasa disebut dengan istilah ‘Glodok’. Fungsinya sebagai tempat Lovebird bertelur dan merawat anaknya. Bentuknya berupa kotak yang terbuat dari kayu yang diberi lubang di salah satu sisinya.

  3. Tempat Pakan dan Minum

    Gunakan tempat pakan dan minum dengan wadah yang terbuat dari bahan keras dan tidak mudah mengelupas, seperti plastik keras atau kaca. Sediakan wadah air yang agak lebar untuk minum Lovebird sekaligus tempat mandinya.

  4. Perlengkapan Lainnya

    Perlengkapan lain yang juga penting disediakan untuk cara ternak Lovebird antara lain:

    • Kotak penyuapan, untuk merawat dan menyuapi anak-anak Lovebird apabila induk tidak mau merawatnya.
    • Beberapa benda untuk mainan Lovebird, seperti cermin, kelereng, ayunan, tangga, roda berputar, dan sebagainya.

Analisa Modal dan Keuntungan Ternak Lovebird

Seperti telah disebutkan sebelumnya, cara ternak Lovebird tidaklah rumit dan tidak butuh modal yang besar. Bagi Anda yang ingin merintis usaha ternak Lovebird, kami akan berikan sedikit gambaran mengenai modal dan keuntungan dalam usaha ini.

  1. Barang Modal

    • 5 pasang indukan: Rp 5.000.000
    • Pembuatan/pembelian kandang: Rp 2.000.000
    • Perlengkapan Lainnya:  Rp 1.000.000

    Total untuk penyediaan barang modal adalah Rp 8.000.000

  2. Biaya Operasional Selama 2 Bulan

    • Pakan untuk indukan (20 kg): Rp 500.000
    • Pakan untuk anakan: Rp 250.000
    • Sayuran: Rp 80.000
    • Vitamin dan obat-obatan: Rp 250.000
    • Biaya lain-lain: Rp 75.000

    Total untuk biaya operasional selama 2 bulan adalah Rp 1.155.000

    Untuk pemula, disarankan jangan dulu mempekerjakan orang. Bila sudah menghasilkan dan jumlah indukan bertambah, barulah Anda boleh mempekerjakan orang.

    Dari perhitungan di atas, dapat diperkirakan besarnya modal awal untuk cara ternak Lovebird skala kecil adalah sekitar Rp 8.000.000.

  3. Perkiraan Keuntungan Tiap Bulan

    Apabila setiap bulannya dari sepasang indukan dapat menghasilkan 3 ekor anakan, maka Anda akan mendapatkan sekitar 15 ekor anakan dari 5 pasang indukan.

    Biasanya anakan Lovebird baru siap jual setelah bisa makan sendiri, yaitu sekitar umur 2 bulan. Lovebird sudah dapat dijual dengan harga minimal sekitar Rp 250.000 per ekor.

    Dari asumsi di atas, dapat kita hitung mengenai proyeksi keuntungan dari ternak lovebird adalah sebagai berikut:

    • Omset Rp 250.000 x 15 ekor = Rp 3.750.000
    • Biaya Operasional per 2 bulan = Rp 1.155.000
    • Keuntungan bersih untuk 2 bulan = Rp 2.595.000 (Rp 1.297.000 per bulan)

    Jadi, keuntungan bersih yang bisa Anda dapatkan tiap bulannya adalah = Rp 1.297.000

  4. Return of Investment (Jangka Waktu Pengembalian Modal)

    Nah, dari keuntungan bulanan tersebut maka penghitungan pengembalian modalnya adalah sebagai berikut:

    Rp 8.000.000 ÷ Rp 1.297.000 = 6,17 (bulan)

    Jadi, modal Anda yang sebesar Rp 8.000.000 baru dapat kembali setelah jangka waktu 6,17 bulan. Nampaknya memang cukup menggiurkan bukan? Usaha ternak Lovebird patut dipertimbangkan bagi Anda yang ingin memulai bisnis rumahan berawal dari hobi.

    Itulah tadi cara ternak Lovebird dan penghitungan modal serta keuntungan yang bisa diperoleh tiap bulannya. Berikutnya kami menjelaskan bagaimana strategi pemasaran yang efektif dalam artikel cara ternak Lovebird yang sedang Anda simak ini.

Strategi Pemasaran Hasil Ternak Lovebird

Anda tidak perlu bingung dalam memasarkan anakan Lovebird yang telah dihasilkan. Karena ada dua cara strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan, dan keduanya bisa dilakukan secara bersamaan untuk memperbesar peluang anakan Lovebird laku di pasaran.

Cara pemasaran pertama adalah dengan memasarkannya melalui komunitas pecinta burung kicau yang ada di sekitar Anda. Apalagi bila di sekitar tempat tinggal Anda masyarakatnya memiliki minat yang cukup tinggi terhadap burung Lovebird. Tentu peluang pasar sudah terbuka dengan mudah.

Sesekali cobalah berkeliling ke pasar burung, atau mengamati kontes burung yang sering diadakan di kota Anda. Bisnis yang berawal dari hobi ini tidak lepas dari peran komunitas yang memiliki minat yang sama. Ikutlah dalam komunitas pecinta burung di sekitar tempat tinggal Anda, dan bangun jaringan atau relasi di dalamnya. Baru kemudian tawarkan hasil budidaya Lovebird Anda kepada mereka.

Cara pemasaran kedua adalah dengan menjualnya melalui internet. Di Facebook banyak terdapat grup jual-beli untuk hewan peliharaan, burung kicau atau khusus Lovebird. Usahakan untuk Anda bergabung ke beberapa grup tersebut dan posting burung-burung Lovebird hasil budidaya Anda di grup tersebut.

Selain grup-grup di facebook, media lain yang cukup efektif dalam memasarkan burung Lovebird adalah di situs marketplace seperti OLX, Bukalapak, dan sebagainya. Pada situs-situs marketplace atau Forum Jual-Beli biasanya disediakan sub kategori khusus untuk hewan peliharaan. Gunakan foto dan deskripsi yang menarik agar banyak pengunjung lapak Anda yang tertarik.

Nah, itulah panduan lengkap mengenai cara ternak Lovebird beserta analisa modal dan cara pemasarannya. Semoga informasi panduan cara ternak Lovebird di atas dapat menambah minat Anda untuk mengembangkan bisnis dari hobi memelihara burung Lovebird ini. Selamat mencoba!

Artikel Terkait dengan Panduan Cara Ternak Loverbird Lengkap Dari Modal Hingga Pemasaran