Panduan Cara Ternak Loverbird Lengkap Dari Modal Hingga Pemasaran

Untuk pemula, disarankan jangan dulu mempekerjakan orang. Bila sudah menghasilkan dan jumlah indukan bertambah, barulah Anda boleh mempekerjakan orang.

Dari perhitungan di atas, dapat diperkirakan besarnya modal awal untuk cara ternak Lovebird skala kecil adalah sekitar Rp 8.000.000.

  • Perkiraan Keuntungan Tiap Bulan

    Apabila setiap bulannya dari sepasang indukan dapat menghasilkan 3 ekor anakan, maka Anda akan mendapatkan sekitar 15 ekor anakan dari 5 pasang indukan.

    Biasanya anakan Lovebird baru siap jual setelah bisa makan sendiri, yaitu sekitar umur 2 bulan. Lovebird sudah dapat dijual dengan harga minimal sekitar Rp 250.000 per ekor.

    Dari asumsi di atas, dapat kita hitung mengenai proyeksi keuntungan dari ternak lovebird adalah sebagai berikut:

    • Omset Rp 250.000 x 15 ekor = Rp 3.750.000
    • Biaya Operasional per 2 bulan = Rp 1.155.000
    • Keuntungan bersih untuk 2 bulan = Rp 2.595.000 (Rp 1.297.000 per bulan)

    Jadi, keuntungan bersih yang bisa Anda dapatkan tiap bulannya adalah = Rp 1.297.000

  • Return of Investment (Jangka Waktu Pengembalian Modal)

    Nah, dari keuntungan bulanan tersebut maka penghitungan pengembalian modalnya adalah sebagai berikut:

    Rp 8.000.000 ÷ Rp 1.297.000 = 6,17 (bulan)

    Jadi, modal Anda yang sebesar Rp 8.000.000 baru dapat kembali setelah jangka waktu 6,17 bulan. Nampaknya memang cukup menggiurkan bukan? Usaha ternak Lovebird patut dipertimbangkan bagi Anda yang ingin memulai bisnis rumahan berawal dari hobi.

    Itulah tadi cara ternak Lovebird dan penghitungan modal serta keuntungan yang bisa diperoleh tiap bulannya. Berikutnya kami menjelaskan bagaimana strategi pemasaran yang efektif dalam artikel cara ternak Lovebird yang sedang Anda simak ini.

  • Strategi Pemasaran Hasil Ternak Lovebird

    Anda tidak perlu bingung dalam memasarkan anakan Lovebird yang telah dihasilkan. Karena ada dua cara strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan, dan keduanya bisa dilakukan secara bersamaan untuk memperbesar peluang anakan Lovebird laku di pasaran.

    Cara pemasaran pertama adalah dengan memasarkannya melalui komunitas pecinta burung kicau yang ada di sekitar Anda. Apalagi bila di sekitar tempat tinggal Anda masyarakatnya memiliki minat yang cukup tinggi terhadap burung Lovebird. Tentu peluang pasar sudah terbuka dengan mudah.

    Sesekali cobalah berkeliling ke pasar burung, atau mengamati kontes burung yang sering diadakan di kota Anda. Bisnis yang berawal dari hobi ini tidak lepas dari peran komunitas yang memiliki minat yang sama. Ikutlah dalam komunitas pecinta burung di sekitar tempat tinggal Anda, dan bangun jaringan atau relasi di dalamnya. Baru kemudian tawarkan hasil budidaya Lovebird Anda kepada mereka.

    Cara pemasaran kedua adalah dengan menjualnya melalui internet. Di Facebook banyak terdapat grup jual-beli untuk hewan peliharaan, burung kicau atau khusus Lovebird. Usahakan untuk Anda bergabung ke beberapa grup tersebut dan posting burung-burung Lovebird hasil budidaya Anda di grup tersebut.

    One thought on “Panduan Cara Ternak Loverbird Lengkap Dari Modal Hingga Pemasaran

    Comments are closed.